Hot!

Tips mencegah kerontokan dan kerusakan rambut secara alami

Tips mencegah kerontokan dan kerusakan rambut secara alami. Sebagaimana kata pepatah bahwa rambut adalah merupakan mahkota yang berharga. Oleh sebab itu masalah kerontokan rambut merupakan salah satu problema yang setidaknya paling menjadi momok menakutkan terutama bagi mereka yang mengalami kerontokan rambut di usia muda.

Faktor depresi dan stress disinyalir menjadi salah satu faktor utama penyebab dari gangguan pada rambut ini. Faktor lain penyebab kerontokan adalah usia. Proses penuaan merupakan penyebab yang alami karena terkait dari pengaruh berkurangnya hormon serta asupan gizi untuk rambut. Oleh sebabnya mengapa menjaga itu lebih baik daripada mengobati. Lalu bagaimana cara untuk menyiasati dan menghindari masalah kerontokan pada rambut?. Ada beberapa tips perawatan rambut yang bisa Anda lakukan untuk menjaga rambut agar tetap sehat, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Tips mencegah kerontokan dan kerusakan rambut secara alami - terbaik-indonesia.com
Bentuk rambut yang sehat
1. Biasakan menyisir rambut secara teratur.
Kegiatan menyisir rambut ternyata bukan hanya sekedar cara untuk menata rambut agar terlihat lebih rapi, akan tetapi sisir juga memiliki efek pijatan ke kulit kepala sehingga menyebabkan peredaran darah yang membawa kandungan gizi ke rambut menjadi lancar. Informasi tambahan bagi Anda dalam memilih sisir yang baik adalah dengan menggunakan sisir yang lembut (tidak kaku) dengan gigi jarang. Jangan memakai sisir yang terlalu sempit sehingga sulit untuk dilalui oleh rambut. Dan yang terakhir adalah jangan menyisir rambut yang masih dalam keadaan basah karena pada saat keadaan rambut masih basah, rambut mengalami pembengkakan yang menjadikan rambut lebih rapuh dan mudah patah. Oleh karenanya selalu pastikan menyisir rambut Anda saat rambut benar-benar dalam keadaan yang kering.

2. Jangan terlalu sering mewarnai rambut dan menggunakan pengering rambut.
Rambut yang sehat adalah rambut dengan perawatan yang alami. Jika Anda saat ini berencana untuk melakukan pewarnaan pada rambut, lebih baik jangan dilakukan sebab kandungan bahan pewarna bisa berakibat buruk bagi rambut Anda dan menyebabkan rambut menjadi rusak dan tidak sehat. Hindari juga penggunaan pengering rambut yang berlebihan. Pengering rambut mengeluarkan hawa panas yang bisa menyebabkan kutikula rambut menjadi kering dan pecah-pecah. Inilah tahap awal pencegahan kerontokan rambut yang harus Anda lakukan.

3. Gunakan sampo yang sesuai dengan rambut.
Pilihlah sampo yang disesuaikan dengan keadaan rambut Anda. Interval dalam menggunakan sampo adalah tergantung dari keadaan, jenis serta kondisi dari rambut dan faktor lain seperti aktifitas, gaya rambut serta iklim dimana Anda tinggal. Maka berkeramaslah kapanpun Anda merasa membutuhkannya terutama disaat-saat tertentu seperti sehabis berenang di kolam renang atau di laut. Selalu pastikan Anda berkeramas setelah melakukan aktifitas tersebut untuk menghilangkan sisa-sisa garam serta kandungan klorin yang menempel di rambut Anda.

4. Keringkan rambut secara alami
Hindari cara mengeringkan rambut dengan menggunakan pengering rambut atau dengan menggosoknya terlalu keras dengan handuk. Biarkan rambut mengering secara alami dengan cara diangin-anginkan. Anda juga bisa mengeringkannya dengan handuk bertekstur lembut dengan gerakan pengeringan yang halus dan searah.

5. Gunakan kondisioner serta vitamin untuk rambut
Untuk menjaga rambut agar senantiasa sehat dan mudah diatur, maka gunakanlah kondisioner sehabis keramas lalu bilas dengan air dingin untuk membuatnya lebih berkilau. Selain memiliki banyak kandungan bahan-bahan yang bermanfaat bagi rambut, kondisioner juga memiliki fungsi membuat rambut menjadi lebih lembut sehingga rambut akan lebih mudah ditata. Sebagai penyempurna dari perawatan rambut, Anda bisa menggunakan vitamin rambut yang bisa Anda dapatkan di toko-toko kecantikan.

6. Jaga pola makan yang sehat dan pola tidur yang teratur
Makanan serta pola istirahat yang teratur bisa memberikan efek positif bagi kesehatan rambut. Oleh karenanya selalu jaga pola makan yang sehat yang diimbangi dengan pola tidur yang teratur agar rambut tidak menjadi mudah stress.

7. Jaga emosi dan pikiran Anda
Seperti halnya manusia, rambut juga bisa menjadi stress. Rambut yang normal biasanya mengalami kerontokan sebanyak 50 hingga 80 helai setiap harinya. Namun jumlahnya bisa meningkat pada saat Anda dalam keadaan depresi atau stress. Oleh karenanya jagalah emosi serta tenangkan pikiran Anda agar rambut tidak menjadi gampang stress dan rontok. Jika Anda mengalami hal ini, maka segera konsultasikan kepada dokter Anda.

8. Hindari sengatan sinar matahari langsung
Sinar matahari langsung bisa menyebabkan sel-sel pada rambut menjadi rusak dan bisa menghilangkan kelembaban pada rambut. Efek lain dari sengatan sinar matahari langsung adalah rambut bisa memerah dan menjadi lebih rapuh. Sangat disarankan bagi Anda untuk memakai pelindung kepala seperti kerudung, topi atau payung saat matahari sedang terik.

Demikianlah beberapa tips serta informasi cara mudah dan efektif dalam menjaga rambut dari kerusakan yang bisa Anda terapkan. Masih banyak lagi tips-tips lain dalam menjaga kesehatan rambut yang bisa Anda lakukan dan akan kita bahas pada kesempatan berikutnya. Semoga bermanfaat.


(red: www.terbaik-indonesia.com, panteneindonesia.co.id)

0 komentar:

Posting Komentar