Hot!

Tips sehat di musim hujan yang paling jitu dan mudah

Tips sehat di musim hujan yang paling jitu dan mudah merupakan tips yang bisa Anda lakukan agar tetap sehat meski cuaca sedang kurang bersahabat. Datangnya musim hujan tentu saja tak hanya membawa masalah banjir diberbagai lokasi di wilayah Indonesia, tapi tentu juga membawa efek yang bisa merugikan kesehatan terlebih lagi jika intensitas curah hujan sedang dalam tingkat yang tinggi.

Penyakit ringan yang biasanya datang saat musim penghujan umumnya adalah flu dan pilek, namun meskipun masih terbilang masih dalam level ringan namun tentunya Anda tak boleh menganggap enteng karena kesehatan Anda sangatlah penting, bahkan kesehatan tak bisa dinilai dengan uang. Kondisi badan yang tidak fit dapat memicu timbulnya penyakit-penyakit khas musim hujan, dan untuk bisa mengatasinya ada beberapa tips dari majalah tips dan informasi yang bisa Anda coba, yaitu sebagai berikut:
Tips sehat di musim hujan yang paling jitu
Tips tetap sehat di musim hujan
1. Menjaga konsumsi asupan gizi bagi tubuh.
Gizi sangatlah penting bagi tubuh. Berkat gizi, tubuh bisa memproduksi energi serta kekebalan yang bermanfaat bagi tubuh untuk bisa menangkal berbagai macam penyakit. Untuk itulah mengapa Anda harus lebih memperhatikan kadar gizi dari makanan yang Anda konsumsi, terutama saat musim penghujan tiba. Untuk mendapatkan gizi yang seimbang, maka Anda bisa mendapatkannya dari makanan yang banyak mengandung protein serta kalori. Biasakanlah sarapan pagi sebelum Anda memulai aktifitas rutin Anda sehari-hari agar kondisi tubuh tetap terjaga dengan baik.

2. Mengkonsumsi suplemen dan multivitamin.
Saat kondisi badan menurun, ada baiknya jika Anda mengkonsumsi suplemen atau multivitamin yang bisa meningkatkan stamina tubuh agar kesehatan Anda tetap selalu terjaga. Beberapa unsur multivitamin yang penting bagi tubuh disaat musim hujan salah satunya adalah vitamin C.

3. Sedia payung, mantel, jas hujan, jaket atau sweater.
Atribut yang tak kalah penting untuk selalu disediakan saat musim hujan adalah perlengkapan yang bisa menjaga diri Anda dari terpaan air hujan, angin ataupun dingin baik saat Anda berkendara di jalan maupun saat berada ditempat aktifitas.

4. Menjaga kebersihan badan.
Di musim hujan tentu tubuh akan semakin intensif terkena air hujan ataupun genangan-genangan air yang ditimbulkan oleh hujan secara langsung. Oleh karenanya agar bisa selalu terhindar dari masalah penyakit pada tubuh dan kulit wajah seperti jerawat yang bisa ditimbulkan oleh air hujan, hendaknya selalu menjaga kebersihan badan dengan cara mandi secara teratur minimal dua (2) kali sehari.

5. Tidur yang teratur.
Tidur merupakan bentuk istirahat yang sangat diperlukan bagi tubuh untuk dapat memulihkan stamina serta memperbaiki fungsi organ-organ serta regenerasi sel kulit. Kurang tidur bisa menimbulkan kondisi badan Anda terganggu, kerap mengantuk serta lemas hingga stamina dan produktifitas Anda pun kian menurun. Untuk itu sebaiknya Anda selalu menjaga jam tidur Anda. Jam tidur yang teratur merupakan salah satu hal penting yang harus Anda lakukan agar tetap sehat meskipun di musim hujan.

6. Berolah raga ringan.
Sempatkanlah diri Anda untuk melakukan kegiatan olah raga ringan pada pagi atau sore hari. Untuk bisa melakukannya Anda tak perlu harus keluar rumah jika kondisi cuaca memang sedang tidak memungkinkan. Anda bisa melakukannya didalam ruangan tertutup atau dengan cara berjalan-jalan di teras rumah atau melakukan olah raga yang murah meriah namun tetap menyehatkan seperti sit up dan push up. Silakan Anda pilih sendiri kegiatan olah raga apa yang paling cocok untuk bisa Anda lakukan saat di rumah.

0 komentar:

Posting Komentar