Hot!

Cara merawat gigi agar selalu sehat

Cara merawat gigi agar selalu sehat merupakan salah satu hal paling penting yang semestinya dilakukan oleh setiap orang. Menurut data penelitian dari WHO, pada tahun 2012 terdapat lebih dari 60-85 persen penduduk dari sebuah negara memiliki masalah dengan gigi yang berlubang. Seperti kita ketahui sebelumnya bahwa gigi yang berlubang merupakan bentuk investasi sekaligus pemicu dari penyakit-penyakit lain yang bisa dengan mudah menyerang tubuh melalui gigi. Beberapa penyakit berbahaya tersebut sangatlah bervariasi dari mulai penyakit yang tergolong cukup sederhana seperti gusi berdarah, penyakit tenggorokan hingga sampai pada penyakit jantung. Oleh karenanya marilah kita senantiasa menjaga dan merawat gigi agar tetap sehat.

Setelah pada kesempatan sebelumnya membahas mengenai cara mengobati sakit gigi secara alami, kini saatnya pembahasan kita mundur selangkah kebelakang guna mengantisipasi agar gigi tidak menjadi sakit sehingga bisa tetap dalam kondisi yang sehat dan terhindar dari bahaya sakit gigi. Adapun cara merawat gigi agar selalu sehat sebenarnya cukup mudah, hanya saja beberapa dari kita mungkin masih malas dalam menjalankannya. Bagi Anda yang ingin memiliki gigi yang kuat dan tetap sehat, maka tips-tips berikut bisa membantu Anda:

Cara merawat gigi agar selalu sehat

1. Gosoklah gigi Anda secara rutin setiap hari sekurang-kurangnya 2x dalam sehari dengan menggunakan pasta gigi yang direkomendasikan oleh dokter ataupun pasta gigi yang telah memiliki lisensi dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) pada kemasannya. Kegiatan menggosok gigi ini bisa Anda lakukan setelah menyantap makanan dan sebelum tidur malam.
2. Menggosok gigi dengan cara yang baik dan benar. Caranya adalah dengan menyikatnya keatas kebawah serta kesamping. Jangan lupa juga untuk menyikat gigi diarea yang sulit untuk dijangkau untuk memastikan bahwa gigi Anda benar-benar bersih dari sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi.
3. Gunakanlah sikat gigi dengan tekstur yang lembut supaya tidak melukai gusi.
4. Berkumurlah dengan obat kumur minimal 5 hari sampai 1 minggu sekali agar gigi bisa terhindar dari plak serta karang gigi.
5. Mengurangi konsumsi makanan yang mengandung banyak gula atau glukosa seperti permen, coklat, ataupun makanan yang memiliki rasa manis lainnya. Apabila Anda mengkonsumsi makanan jenis ini, maka hendaklah menggosok gigi setelahnya.
6. Jangan menyantap makanan yang masih dalam keadaan panas dengan dibarengi minuman dingin karena akan menimbulkan kerusakan pada lapisan email gigi. Rusaknya email gigi akan mengakibatkan rasa nyeri dan ngilu pada saat mengkonsumsi makanan atau minuman.
7. Perbanyak mengkonsumsi sayur dan buah-buahan yang baik untuk kesehatan gigi seperti buah apel, wortel ataupun seledri.
8. Mengurangi konsumsi minuman yang berkafein.
10. Periksa kesehatan gigi ke dokter minimal setiap 6 bulan sekali.

Demikianlah beberapa tips yang mungkin bisa bermanfaat bagi Anda yang ingin tahu bagaimana cara merawat gigi agar tetap selalu sehat.

0 komentar:

Posting Komentar