Hot!

Tips tubuh tetap bugar, sehat dan semangat saat puasa

Bulan Ramadhan merupakan salah satu bulan penuh berkah yang selalu ditunggu-tunggu kehadirannya oleh umat muslim di dunia karena pada bulan inilah segala ampunan dan keberkahan tercurah bagi mereka yang benar-benar khusyuk dan serius dalam menjalankan ibadah baik yang wajib seperti berpuasa ataupun yang sunnah.

Di awal-awal puasa mungkin tubuh akan memerlukan waktu untuk melakukan penyesuaian dengan kondisi badan seseorang yang berpuasa sehingga kerapkali badan merasa lemas dan kurang bersemangat dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. Lalu bagaimanakah caranya agar badan tetap bugar dan sehat dalam menjalankan rutinitas sehari-hari meskipun tengah berpuasa?. Berikut adalah beberapa tips tubuh tetap bugar, sehat dan semangat saat puasa yang bisa Anda coba:

Tips tubuh tetap bugar, sehat dan semangat saat puasa

1. Pola makan sahur sehat dan menu berbuka yang seimbang
Guna menjaga kondisi badan Anda tetap sehat dan terjaga, maka selalu pastikan Anda selalu mengkonsumsi makanan yang sehat dan kaya akan kandungan gizi sehingga meskipun dengan porsi makan yang lebih sedikit jika dibandingkan saat Anda tidak berpuasa. Makanan-makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi pada saat santap sahur antara lain dapat Anda dapatkan dari sayur-sayuran hijau serta buah-buahan yang di jus. Usahakan bersantap dengan menu sahur yang manis dan mengandung cukup gula sehingga akan mudah bagi tubuh untuk merubahnya menjadi kalori sebagai sumber tenaga. Sedangkan makanan dan minuman yang bisa Anda konsumsi pada saat berbuka adalah makanan yang mengandung karbohidrat dan glukosa seperti kurma, teh manis, bubur kacang hijau dan lain sebagainya.

2. Mengurangi konsumsi minuman yang mengandung soda dan kafein
Bagi Anda yang memiliki masalah seputar pencernaan seperti nyeri lambung atau mual dan sebah, mungkin pada bulan puasa ini Anda bisa mengurangi konsumsi soda ataupun minuman yang mengandung kafein. Bagi Anda yang hiper sensitif, maka kandungan dalam minuman tersebut menjadi salah satu penyebab nyeri pada lambung dan kesulitan untuk bisa beristirahat di malam hari. Efek kurang tidur inilah yang memicu badan menjadi lemas, letih dan mengantuk saat beraktifitas di siang hari.

3. Olah raga ringan
Meskipun Anda tengah berpuasa, namun sebaiknya olah raga tetap dilakukan secara rutin. Hanya saja porsi serta intensitasnya disesuaikan dengan stamina serta kondisi tubuh yang sedang berpuasa. Lakukanlah olah raga ringan dan secukupnya saja untuk tetap menjaga kebugaran tubuh.

4. Menjaga pola tidur
Manfaatkanlah waktu istirahat Anda di malam hari secara maksimal agar Anda tetap memiliki jumlah waktu istirahat yang cukup sehingga Anda tetap bisa dengan bebas leluasa beraktifitas pada keesokan harinya tanpa dibayang-bayangi oleh rasa mengantuk saat bekerja di kantor.

5. Konsumsi air putih
Dalam keadaan berpuasa selama kurang lebih 12 jam setiap hari, maka otomatis tubuh akan kekurangan cairan. Oleh karenanya perbanyaklah minum air putih minimal 1 liter setiap harinya agar tubuh Anda tetap sehat dan selalu bugar. 

Demikianlah beberapa tips sederhana agar tubuh tetap bugar, sehat dan semangat saat puasa. Bagi Anda yang tengah melakukan program diet sehat alami, tips-tips tersebut juga cocok untuk diterapkan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk Anda yang tengah menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini.

0 komentar:

Posting Komentar