Hot!

Agar mata tidak cepat lelah di depan komputer

Berlama-lama berada di depan komputer memang terkadang mengasyikan, terlebih lagi saat sedang bekerja di kantor. Meskipun aktifitas tersebut menyenangkan, namun kita sering melupakan bahwa hal tersebut juga kadang kerap membuat mata menjadi lelah dan sebagai akibatnya ada dampak-dampak negatif yang ditimbulkan diantaranya seperti mata merah, berair, bengkak, lingkaran hitam pada kelopak mata, sakit kepala, nyeri leher, pegal pada bahu dan lain sebagainya.

Sebagai tindakan preventif agar aktifitas Anda tetap menyenangkan walaupun tetap berlama-lama di depan komputer, maka ada semacam penanganan (treatment) khusus yang bisa Anda berikan pada mata agar mata tidak cepat menjadi lelah sehingga Anda pun tidak merasa cepat letih. Apa sajakah tips-tips agar mata tidak cepat menjadi lelah?. Berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Lakukan program stop and go
Berhentilah sejenak dari aktifitas Anda di depan komputer selama 15-30 menit saat mata Anda mulai terasa lelah dan mulai kembali saat mata telah terasa lebih segar. Jika memang dibutuhkan, cucilah muka menyegarkan mata serta mengatasi rasa kantuk atau dapat juga dengan cara meneteskan obat mata ringan agar mata Anda tidak menjadi iritasi dan mata bisa kembali segar.

2. Memandang objek yang jauh
Agar mata menjadi lebih rileks, Anda juga dapat melakukan relaksasi ringan untuk melatih kontraksi otot-otot mata yang kaku. Caranya adalah dengan melihat objek yang jauh selama kurang lebih 15 detik.

3. Pijatan halus
Pijatan dengan penekanan halus pada kelopak mata dan bagian dahi juga dapat Anda terapkan untuk membuat mata menjadi rileks. Lakukanlah selama kurang lebih 10 detik dengan mata terpejam.

4. Posisi duduk
Posisikan tubuh Anda senyaman mungkin dengan mengedepankan faktor ergonomis agar tulang belakang Anda tersangga dengan sempurna. Posisi duduk yang baik adalah duduk dengan tegak dengan posisi punggung lurus dan pundak yang merata namun bagian punggung bawah tetap bersentuhan dengan bagian belakang senderan kursi.

5. Atur jarak monitor ke mata
Jarak yang paling ideal saat berada didepan monitor adalah antara 50cm sampai 75cm. Selain mengatur jarak yang ideal, sebaiknya Anda juga mengatur tata pencahayaan komputer, jangan terlalu terang namun juga jangan terlalu redup.

Agar mata tidak cepat lelah di depan komputer

6. Perbanyak berkedip
Perbanyaklah berkedip agar selaput mata selalu dalam keadaan basah. Hal ini penting untuk mengatasi iritasi mata yang disebabkan oleh selaput mata yang kering. Hal paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah menghitung dalam hati selama 4-5 detik kemudian ingatlah untuk berkedip.

7. Kacamata anti radiasi
Jika memang diperlukan, Anda juga bisa menggunakan kaca mata anti radiasi yang dapat memfilter cahaya dari monitor yang langsung mengenai mata. Kaca mata anti radiasi saat ini telah banyak tersedia di pasaran sehingga tidaklah sulit untuk mendapatkannya.

8. Perbanyaklah mengkonsumsi vitamin
Agar metabolisme tubuh Anda tetap terjaga terutama mata, maka perbanyaklah mengkonsumsi vitamin. Vitamin ini bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung vitamin A seperti pepaya dan wortel. Namun bagi Anda yang kurang menyukai buah-buahan tersebut, dapat juga mengkonsumsi vitamin ataupun suplemen dalam kemasan.

9. Atur sudut layar monitor sesempurna mungkin
Aturlah layar sesempurna mungkin sesuai dengan jarak ideal. Hal ini dilakukan agar posisi tubuh tetap dalam keadaan yang pas dan sempurna untuk menimimalisir cedera otot atau nyeri pada persendian leher dan bahu saat harus berlama-lama berada didepan komputer.

10. Periksakan mata secara berkala
Menghabiskan waktu di komputer hanyalah menjadi salah satu faktor diantara banyaknya faktor penyebab berkurangnya tingkat ketajaman penglihatan karena selain hal tersebut, faktor usia juga bisa mempengaruhinya. Untuk itu sangatlah dianjurkan bagi Anda untuk memeriksakan mata Anda ke dokter secara berkala terlebih lagi apabila Anda merasa ada masalah pada penglihatan.

0 komentar:

Posting Komentar