Hot!

Manfaat dan khasiat jalan kaki bagi kesehatan

Barangkali Anda tak pernah menyangka bila ternyata hanya dengan berjalan kaki saja Anda telah mendapatkan begitu banyak manfaat. Olah raga paling murah yang bisa dilakukan kapan saja dan nyaris tanpa modal ini ternyata menyimpan khasiat yang sangat banyak baik Anda sadari ataupun tidak. 

Selain bebas biaya, jika Anda dapat dengan rutin saja melakukan aktifitas berjalan kaki setiap hari selama 30 menit sampai 1 jam maka Anda akan mendapatkan efek yang luar biasa bagi tubuh Anda.

Meskipun khasiatnya luar biasa, namun tentu saja hal tersebut haruslah dibarengi dengan unsur-unsur lain sebagai penunjangnya, misalnya menjaga asupan makanan yang bergizi, pola tidur dan istirahat yang teratur dan cukup serta yang paling penting adalah menjaga pikiran agar selalu tetap positif. Lalu apa sajakah manfaat dan khasiat jalan kaki bagi kesehatan Anda?. Berikut adalah beberapa diantaranya:

Manfaat dan khasiat jalan kaki bagi kesehatan
  • Membangkitkan semangat
Berdasarkan hasil pengamatan para pakar kesehatan, ternyata dengan hanya berjalan kaki secara rutin setiap hari dapat mencegah orang dari bahaya terkena resiko stres akibat tekanan dalam kesehariannya. Hal tersebut dikarenakan pada saat orang berjalan kaki, oksigen yang masuk ke dalam tubuh mampu melepaskan kandungan endorfin yang diproduksi oleh limpa keseluruh tubuh dengan baik.
  • Menghindari sakit jantung dan kanker
Sakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti pada saat ini. Sebab selain penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang paling banyak menyerang orang-orang yang kurang memperhatikan kesehatan, penyakit jantung juga kerap menyerang mereka yang memiliki gaya hidup gemar mengkonsumsi makanan yang kurang sehat serta berkolesterol tinggi. Dengan berjalan kaki, maka sirkulasi darah akan memacu peningkatan kolesterol yang baik dan menurunkan unsur kolesterol yang tidak baik dalam darah.

Selain resiko sakit jantung, berjalan kaki setiap hari juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuang radikal-radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan resiko kanker terutama kanker pada usus besar.
  • Mempertahankan kadar gula dalam darah
Hasil tes dan penelitian menyebutkan bahwa dengan berolah raga jalan kaki selama kurang dari 1 jam setiap hari dapat mengontrol kandungan gula darah seorang penderita diabetes. Dan apabila dilakukan selama 15 menit setiap hari, maka hal tersebut ternyata mampu membuat kadar gula darah tetap dalam posisi normal.
  • Usia yang lebih panjang
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh lebih dari 10.000 ribu orang di Amerika, 50% diantaranya yang sering melakukan aktifitas jalan kaki setiap hari minimal 5 kilometer memiliki umur yang lebih panjang, tidak cepat lelah saat beraktifitas dan juga memiliki kualitas hidup yang jauh lebih baik dan lebih sehat dibandingkan mereka yang jarang berjalan kaki.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan hanya berjalan kaki setiap hari. Meskipun nampaknya kegiatan tersebut begitu mudah tapi pada kenyataannya masih banyak orang yang enggan untuk melakukannya. Namun setelah melihat dan mencermati beberapa khasiat yang diuraikan diatas, tentu sekarang Anda sudah tidak merasa malas lagi bukan?. Selamat menjalani hidup sehat.

0 komentar:

Posting Komentar