Hot!

Tips membuat CV / surat lamaran kerja yang keren dan berestetika

CV atau surat lamaran merupakan salah satu proses tahapan awal yang paling esensial serta menentukan perihal diterima atau tidaknya seseorang saat melamar sebuah pekerjaan. Sebuah CV tentu bukan hanya media dimana kita bisa memaparkan informasi personal, bakat, kemampuan, pengalaman serta latar belakang pendidikan semata, tapi juga bagaimana CV tersebut dapat bersaing dengan CV yang juga diajukan oleh ratusan atau bahkan ribuan pelamar lain yang juga mungkin menginginkan posisi yang sama seperti yang Anda lamar.

Membuat sebuah CV atau surat lamaran memang susah-susah mudah karena banyak hal yang memang perlu diperhatikan terutama dari segi penampilannya yang bagus, detail dan enak dibaca. Sebuah CV haruslah beretestika serta memiliki nilai impresi bagi yang membacanya. Lalu bagaimana tips membuat CV atau surat lamaran kerja seperti yang dijabarkan diatas?. Berikut adalah tips-tipsnya.

1. Informasi yang lengkap.
Pastikan Anda memberikan informasi kontak yang lengkap di CV Anda. Informasi kontak yang baik tentulah dengan memasukkan alamat domisili Anda pada saat ini, nomer telpon yang dapat dihubungi, foto terakhir diri Anda serta alamat email. Selalu gunakan font yang jelas dengan spasi dan paragraf yang teratur agar CV tersebut bukan saja menjadi lebih enak dibaca namun juga dapat memberikan kesan bahwa Anda adalah tipe orang yang rapi dan sistematis dalam bekerja. Adapun sebuah CV atau surat lamaran yang baik biasanya memiliki kerangka tampilan seperti berikut ini:
  • Informasi personal
Berisi tempat tanggal lahir, gender, kebangsaan, etnis dan negara.
  • Informasi kontak
Berisi alamat pada saat ini, propinsi, kota, nomer telpon serta email yang dimiliki karena HRD kerap mengirimkan formulir isian via email kepada pelamar untuk dibawa pada saat wawancara kerja. Pastikan juga Anda menempatkankan informasi kontak dihalaman pertama (halaman paling depan)
  • Rangkuman biografi
Biografi berisi kemampuan-kemampuan spesifik apa saja yang Anda miliki yang sekiranya bisa Anda kontribusikan kepada perusahaan sekaligus menjadi nilai plus Anda dimata HRD.
  • Latar belakang pendidikan
Latar belakang pendidikan yang detail dari mulai pendidikan dasar sampai pendidikan terakhir yang Anda selesaikan
  • Rangkuman kemampuan
Skill atau kemampuan apa saja yang Anda miliki, sebagai contoh misalnya Anda dapat berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris dengan baik.
  • Pengalaman profesional
Cantumkan dengan jelas pengalaman-pengalaman kerja apa saja yang pernah Anda lakukan, apa saja detail dari tugas Anda, dimana saja, kapan serta berapa lama.
  • Penghargaan dan sertifikat
Jika Anda memiliki penghargaan-penghargaan atau sertifikat-sertifikat yang pernah Anda raih tentu akan menjadi nilai plus tersendiri bagi HRD, maka cantumkanlah dengan jelas dalam kolom ini.

2. Kreatif, inovatif, jangan mainstream dan berani tampil beda
Jadikanlah CV Anda menjadi salah satu media Anda berkomunikasi meskipun hanya melalui tampilan serta tulisan. Tunjukkan kepada HRD bahwa Anda adalah orang yang kreatif, inovatif serta berbeda dengan lainnya. Lakukan perubahan yang besar terhadap penampilan (layout) CV Anda dengan cara beralih dari tipikal surat lamaran kerja yang konvensional ke penampilan yang lebih modern.

3. Mampu memberi kesan mendalam
Seorang HRD yang baik dapat menganalisa bagaimana kepribadian Anda meskipun hanya melalui sebuah CV yang Anda layangkan kepada suatu perusahaan. Jadi sebuah CV yang baik tentulah harus bisa mewakili diri Anda yang sebenarnya. Sebagai contoh, misalnya penggunaan huruf atau font yang jelas dengan ukuran huruf yang mudah dibaca, penggunaan tebal atau tipisnya huruf, kerapihan paragraf-paragrafnya dan lain-lain sebagainya yang bisa Anda tambahkan.

0 komentar:

Posting Komentar