Hot!

Mengenal jenis dan bahan sabun deterjen pencuci pakaian

Saat mencuci pakaian biasanya tiap orang memiliki metode pencucian yang berbeda-beda, baik dengan sistem konvensional yang masih dilakukan secara manual ataupun sudah menggunakan alat canggih seperti mesin cuci. Meskipun caranya berbeda-beda, namun tetap ada satu hal penting yang perlu diperhatikan saat berencana untuk mencuci pakaian, yaitu perlu dipertimbangkan mengenai penggunaan produk sabun untuk mencuci atau yang kerap disebut sebagai deterjen.

Sabun cuci pakaian merupakan produk yang memang di spesialisasikan untuk membersihkan ragam bahan-bahan kain dan baju seperti handuk, sprei, baju, kaos, kemeja atau celana. Penggunaan deterjen biasanya dengan cara dimasukkan kedalam mesin cuci atau dicampur dengan air kemudian diaduk hingga berbusa. Untuk mendapatkan hasil yang bersih, maka bisa juga dengan cara merendam pakaian terlebih dahulu agar kotoran serta noda yang menempel dan kerap tak hilang dengan cepat dapat luntur dan hilang terbawa oleh air.

Sifat sabun deterjen adalah sebagai penghilang noda pada pakaian karena sabun deterjen ini memiliki 4 kandungan zat aktif yang ampuh dalam membasmi noda-noda membandel tanpa memudarkan unsur warna dari pakaian itu sendiri. Beberapa zat yang berfungsi sebagai penghilang noda yang ada pada sabun deterjen diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Protease, zat ini biasanya digunakan untuk menghilangkan noda berat yang memiliki unsur protein seperti noda bekas darah, telur, susu ataupun noda yang berasal dari rumput.
  • Lipase adalah zat yang secara efektif dapat menghilangkan noda berminyak dan berlemak seperti mentega, minyak, santan, kosmetik, serta lipstik.
  • Amilase merupakan zat yang berbahan dasar kanji untuk menghilangkan noda-noda yang tak tampak namun berpotensial menyebabkan noda lain dapat melekat pada bahan pakaian.
  • Selulase adalah zat yang berbeda dari ketiga zat diatas. Zat ini dapat membersihkan bahan serat selulosa (katun) dan bisa membersihkan mikrofibril serat katun pada kain serta dapat mencerahkan warna asli bahan kain.
Biasanya produk-produk deterjen pencuci pakaian dibagi menjadi beberapa jenis tergantung dari kebutuhan pengguna namun ada juga yang dijadikan satu kemasan. Sebelum mencuci pakaian, baiknya Anda pertimbangkan terlebih dahulu mengenai penggunaan air yang digunakan untuk merendam maupun membilas pakaian. Yang pertama adalah keharusan menggunakan air bersih karena air merupakan sarana utama untuk membersihkan pakaian yang membantu dalam penghapusan noda dan kotoran dari pakaian yang kotor.

Pertimbangan lainnya adalah untuk manakala membeli produk sabun cuci pakaian, baiknya disesuaikan dengan kebutuhan, kualitas serta kuantitas banyaknya pakaian yang harus dicuci. Mencuci dengan tingkat proporsi yang tepat antara sabun deterjen dan banyaknya pakaian yang akan dicuci akan memberikan hasil optimal pada saat pencucian dilakukan. Produk dengan kandungan konsentrasi yang tinggi biasanya kerap membuat air sabun cuci dan pakaian berubah menjadi kasar serta kaku dan justru menjadikan pakaian lebih beresiko untuk kehilangan warna. Oleh karenanya, jenis sabun deterjen yang ringan lebih dianjurkan dibandingkan yang berkonsentrasi tinggi.

0 komentar:

Posting Komentar