Hot!

Tips agar dipercaya oleh atasan (bos)

Begitu banyak faktor penentu dalam kemajuan karir seseorang dan salah satunya adalah menjadi kepercayaan atasan. Makna serta tingkat kepercayaan itu sendiri merupakan bentuk hasil akhir dari serangkaian proses hingga akhirnya seseorang bisa dipercaya oleh sang atasan. Untuk membangun kepercayaan juga bukan hal yang mudah karena tentu saja akan diperlukan pengorbanan yang lebih dibandingkan dengan orang lain, meskipun demikian tentu hasilnya akan sepadan. Bukankah Anda ingin tampil berbeda dan tak ingin menjadi seperti rata-rata kebanyakan orang?.

Kunci dari kesuksesan ini tentu saja tak dapat dilepaskan dari koridor pekerjaan serta keikhlasan Anda dalam menerima apa yang telah menjadi tugas Anda sebagai seorang karyawan. Lalu kiat-kiat atau tips apa saja agar Anda dapat dipercaya oleh atasan?. Berikut beberapa diantaranya.

Berikanlah informasi yang berguna, objektif, konstruktif dan solutif
Jadilah sumber informasi yang baik, objektif dan konstruktif kepada atasan serta uraikan pula solusinya. Seorang bos atau atasan akan sangat menghargai bawahannya yang peka terhadap perkembangan perusahaan, oleh karenanya berikanlah informasi-informasi ataupun mengenai masalah-masalah seputar perusahaan yang sekiranya dapat berguna bagi atasan Anda dan berikanlah solusi yang terbaik menurut Anda. Jangan lupa sertakan pula data-data yang konkrit dan jelas sehingga informasi tersebut bukan hanya sekedar rumor akan tetapi juga dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Selalu siap dan tanggap
Usahakan diri Anda untuk dapat menerima semua tugas yang diberikan oleh atasan sekalipun Anda tak menyukainya karena mungkin saja Anda adalah orang yang dianggap paling mampu untuk mengerjakan tugas tersebut dibanding karyawan yang lain. Jika Anda dapat mengerjakannya dengan baik, tentu akan menjadi nilai plus bagi Anda serta tidak menutup kemungkinan akan ada penghargaan di masa depan atas pekerjaan yang Anda lakukan pada saat ini.

Selalu tepat waktu (On time)
Berusahalah untuk selalu tepat waktu saat datang ke kantor ataupun dalam mengerjakan apa yang telah menjadi tugas Anda karena hal ini dapat menjadi cerminan kedisiplinan serta tanggung jawab Anda sebagai seorang karyawan kepada atasan dan perusahaan.

Pribadi yang gemar membantu
Perlu Anda ketahui bahwa atasan Anda bukanlah orang yang serba tahu akan segala hal. Disaat ia merasa kesulitan, cobalah untuk menawarkan bantuan dengan tulus. Selain akan menimbulkan kesan bahwa Anda adalah seorang yang multi-talenta, pertolongan Anda pasti akan selalu di ingat olehnya hingga tak menutup kemungkinan jika suatu saat ia merasa Anda adalah orang yang tepat untuk dipromosikan.

Selalu ada saat dibutuhkan
Berusahalah untuk menjadi orang yang tepat saat dibutuhkan terlebih lagi saat sesi rapat menyangkut perkembangan perusahaan yang berkaitan dengan tugas Anda, tentu tak semua hal mampu dijelaskan oleh atasan. Oleh karenanya jadilah orang yang selalu ada saat atasan Anda membutuhkan.

Perbaiki penampilan
Penampilan adalah hal yang tak kalah penting dalam menampilkan impresi karena seperti yang dikatakan oleh pepatah bahwa Anda tidak akan dapat mendapatkan kesan pertama pada pertemuan yang kedua. Untuk menjaga penampilan juga tidak serta merta harus mengeluarkan banyak uang karena Anda tetap bisa keliatan profesional dengan setelan kemeja dan sepatu kerja yang tidak mahal. Oleh karenanya perbaikilah penampilan Anda agar terlihat lebih elegan sehingga selain bisa meningkatkan kepercayaan diri Anda, penampilan Anda juga dapat memiliki kesan yang lebih profesional dimata rekan-rekan kerja dan tentu saja, atasan Anda.

Tips agar dipercaya oleh atasan (bos)

0 komentar:

Posting Komentar