Hot!

Tips pencegahan infeksi pada tubuh

Jangan pernah anggap remeh luka yang mungkin saja terjadi pada tubuh Anda, karena bisa jadi luka tersebut dapat menjadi pintu masuk bagi kuman atau bakteri yang dapat berpotensi menyebabkan berbagai macam infeksi berbahaya yang dapat masuk melalui sebuah luka. Untuk itulah mengapa tindakan pencegahan infeksi sungguh sangat diperlukan.

Selain infeksi yang disebabkan oleh luka, ternyata infeksi lain juga dapat ditimbulkan karena kondisi stamina tubuh yang sedang tidak dalam kondisi prima. Infeksi tersebut biasanya menyerang bagian pernafasan hingga dapat mengakibatkan infeksi pernafasan (Respiratory tract infection) atau yang disingkat sebagai RTI. Untuk menangkal infeksi jenis ini, tentu saja menjaga pola makan dan istirahat yang teratur menjadi salah satu solusinya selain juga tentunya membersihkan tubuh serta merawat diri.

Sebenarnya tindakan pencegahan infeksi ini merupakan cara-cara lama yang mungkin beberapa diantaranya sudah banyak diketahui oleh orang-orang, meskipun demikian pada kenyataannya masih banyak orang memiliki tingkat keperdulian yang rendah terhadap kesehatan sehingga cara-cara ini kerap diabaikan. Guna menyegarkan ingatan kita mengenai pentingnya kesehatan, maka terbaik-indonesia.com akan memberikan beberapa cara dan tips pencegahan infeksi pada tubuh yang bisa Anda lakukan dengan cepat lagi mudah. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Mencuci tangan
Tehnik mencuci tangan terbagi menjadi beberapa kriteria tergantung dari aktifitas apa yang dilakukan, tehnik ini diantaranya adalah mencuci tangan dengan cara biasa yaitu dengan air bersih dan sabun, mencuci tangan dengan cairan desinfektan yang dapat membunuh kuman-kuman serta mencuci tangan steril.

Perlindungan diri
Beberapa tehnik untuk melindungi diri dapat Anda lakukan untuk mencegah infeksi baik yang bersumber dari dalam maupun luar tubuh. Beberapa contoh yang dapat Anda lakukan antara lain penggunaan sarung tangan ataupun masker untuk pernafasan.

Penanganan sampah
Sampah merupakan salah satu sumber dari penyakit-penyakit berbahaya yang dapat mengakibatkan terjadinya infeksi pada tubuh. Untuk mengurangi bahaya dari sampah, maka tindakan pencegahan dapat dilakukan dengan cara mengelolanya secara berkala untuk menghindari penumpukan, pemisahan antara sampah organik dan non organik, pembakaran ataupun mengangkutnya ke tempat pembuangan sampah akhir (TPA)

Menjaga lingkungan sekitar
Kebersihan lingkungan sekitar menjadi salah faktor penentu dari kesehatan masyarakat di sekitarnya. Lingkungan yang bersih, terawat dan terjaga dengan baik tentu akan menjadi salah satu faktor penentu kualitas hidup dari orang-orang yang terdapat didalamnya.

0 komentar:

Posting Komentar