Hot!

Kandungan gizi makanan yang penting untuk wanita

Wanita dan pria memang mempunyai kebutuhan asupan gizi yang berbeda. Hal ini dikarena adanya perbedaan yang dimiliki baik dari segi fisik, kondisi tubuh serta faktor hormonal yang membedakan diantara keduanya. Wanita sendiri memiliki beberapa kebutuhan kandungan makanan yang kaya akan gizi jauh lebih banyak dibandingkan dengan pria, terlebih lagi untuk wanita yang sedang mengandung, tentu nilai gizi asupan makanan yang mesti dikonsumsi pun harus semakin tinggi. Khususnya untuk para wanita, ada beberapa kandungan makanan yang wajib dikonsumsi . Apa saja kandungan makanan tersebut? Inilah beberapa diantaranya. 


Kandungan kalsium dan zat besi

Kandungan  gizi yang pertama adalah makanan atau minuman yang kaya akan kalsium. Pria dan wanita memerlukan kalsium dalam jumlah yang berbeda. Wanita jauh lebih banyak memerlukan kalsium karena suplai kalsium pada tubuh wanita jauh lebih sedikit daripada pria. Anda para wanita bisa mendapatkan asupan kalsium tinggi dari susu yang berkalsium tinggi. Lalu kandungan gizi yang kedua adalah zat besi. Wanita memerlukan zat besi karena wanita mengalami datang bulan atau hamil. Jadi saat sedang datang bulan, hamil atau pasca persalinan sebaiknya perbanyak asupan makanan yang kaya akan zat besi karena itu sangat baik untuk tubuh wanita. Salah satu bahan makanan yang kaya akan zat besi adalah bayam merah.


Kandungan asam lemak

Zat makanan ketiga yang sangat diperlukan oleh tubuh wanita adalah asam lemak tak jenuh. Zat yang satu ini banyak terkandung pada kacang-kacangan seperti buncis, kacang almond, kedelai, kacang tanah dan lain sebagainya. Tapi jangan terlalu banyak mengkonsumsi kacang-kacangan. Cukup maksimal 28 butir saja tiap harinya. Sedangkan asam folat sangat berguna bagi Anda para wanita yang sedang hamil. Asam folat ini sangat diperlukan untuk perkembangan otak dan saraf janin yang sedang dikandung. Jadi, Anda yang sedang hamil di usia kandungan trimester pertama, banyak-banyaklah mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung asam folat.

Omega 3
Untuk memenuhi sumber makanan yang banyak mengandung omega 3, Anda bisa mendapatkannya dari ikan terutama dari ikan salmon karena jenis ikan ini sangat kaya akan kandungan protein yang berkualitas tinggi. Terlebih lagi untuk ibu hamil, kandungan gizi dari mineral omega 3 sangat baik untuk sistem saraf serta perkembangan otak bayi yang masih ada didalam kandungan. Jika Anda memilih untuk mengkonsumsi ikan salmon, maka komposisi yang paling tepat setidaknya adalah maksimal 12 ons daging ikan salmon saja perminggunya.

Itulah beberapa makanan yang memiliki kandungan gizi penting untuk dikonsumsi oleh para wanita. Untuk mendapatkan beberapa mineral penting diatas, Anda bisa membuat bahan-bahan diatas menjadi menu sehat yang bisa disantap setiap hari.


0 komentar:

Posting Komentar