Hot!

Cara mengatasi kulit gatal dan iritasi pada bayi

Salah satu gangguan kulit bayi adalah rasa gatal yang dapat mengganggu kenyamanan, terlebih lagi bisa mengganggu perkembangan bayi. Hal tersebut bisa saja karena banyak faktor. Beberapa diantaranya adalah karena cuaca yang panas sehingga tubuh bayi terasa lembab, sengatan binatang seperti serangga atau juga karena virus.

Penyakit gatal tersebut sering terjadi pada bayi karena kulit bayi yang masih sensitif, tipis dan mudah terkena iritasi. Bagi para bunda jangan khawatir karena anda bisa menyembuhkan gatal-gatal tersebut tanpa bantuan dari dokter.


Berikut adalah cara mengatasi kulit gatal dan iritasi pada bayi:


1. Pada saat memandikan bayi, gunakanlah air hangat suam-suam kuku. Air yang terlalu hangat bisa menyebabkan kulit bayi menjadi kering dan bisa rentan terkena iritasi dan bisa memperburuk rasa gatal.

2. Setelah dimandikan, keringkan tubuh bayi menggunakan handuk yang lembut dan jangan digosok. Cukup handuk dibalutkan saja agar kulit tidak terasa gatal.

3. Setelah kulit terasa kering usapkan pelembab khusus bayi untuk menjaga kelembaban kulit. Pelembab lebih baik dan tahan lama dibandingkan melembabkan menggunakan air

4. Pakailah pakaian dari bahan yang lembut dan menyerap keringat. Selain itu pilihlah bahan yang bisa memeberikan sirkulasi udara yang lancar. Misalnya baju dengan bahan katun sangat cocok untuk bayi. Hindari menggunakan pakaian dari bahan wool karena akan memperburuk rasa gatal.

5. Potong kuku bayi anda secara teratur. Hal tersebut supaya saat mereka menggaruk bagian yang gatal tidak menjadi lebih parah.

6. Jaga suhu ruangan agar tetap sejuk.

7. Apabila tidak segera sembuh dan bayi rewel sebaiknya segera konsultasikan ke dokter anak.

0 komentar:

Posting Komentar