Hot!

Pengertian periodontitis dan cara pencegahannya

Dalam istilah kedokteran, pengertian periodontitis adalah infeksi atau radang gusi (gingivitis) yang disebabkan oleh plak. Penimbunan plak ini kemudian mulai menyebar dan tumbuh diantara gigi dan gusi. Plak yang telah menjadi sedimen kemudian menjadi sarang kuman gigi yang dapat memberikan efek iritasi bukan hanya pada gigi akan tetapi juga pada gusi yang lama kelamaan akan merusak jaringan pendukung kekuatan gigi.

Gigi keropos, longgar dan mudah untuk tercabut merupakan efek jangka panjang yang disebabkan dari periodontitis ini. Awal gejala periodontitis yang biasa dirasakan adalah peradangan pada gusi yang menyebabkan infeksi gusi sehingga gusi menjadi bengkak dan berwarna merah. Selanjutnya gusi akan hilang rasa saat disentuh dan terdorong maju kedepan sehingga membuat gigi menjadi tidak proporsional. Nafas yang bau, rasa yang tidak enak pada mulut serta barisan gigi yang abnormal merupakan beberapa gejala pendukung lainnya yang biasanya ditimbulkan.

Ada beberapa cara untuk mencegah infeksi radang gusi, diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Biasakan menyikat gigi secara teratur minimal 2 kali dalam saat pagi dan malam hari saat akan tidur. Namun juga disarankan untuk menggosok gigi setiap kali habis mengkonsumsi makanan.
  • Perhatikan cara menggosok gigi. Cara menggosok gigi yang benar adalah dengan cara menggosoknya secara horizontal dan vertikal sehingga bisa membersihkan hingga kedalam sela-sela gigi dan gusi.
  • Pilihlah sikat dan pasta gigi yang memiliki tekstur yang lembut di mulut.
  • Hindari kebiasaan mengkonsumsi makanan dengan tekstur yang lengket dan manis. Jika memang memungkinkan, dianjurkan untuk menggosok gigi setiap mengkonsumsi makanan jenis ini.
  • Sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan gigi secara berkala ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.
Pengertian periodontitis dan cara pencegahannya

0 komentar:

Posting Komentar