Hot!

4 tips sebelum membeli motor secara kredit

4 tips sebelum membeli motor secara kredit. Membeli secara kredit merupakan salah satu cara membeli yang paling banyak dipergunakan oleh masyarakat pada saat ini. Selain lebih meringankan dari segi pengeluaran uang, cara ini juga dianggap menjadi salah satu cara termudah bagi mereka yang ingin memiliki motor tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak dalam satu waktu.

Dengan cara ini pula, uang yang mungkin akan sekaligus habis jika membeli motor tanpa kredit, bisa dialokasikan untuk keperluan lain yang jauh lebih penting. Meskipun kerap dianggap sebagai cara yang termudah, kredit motor baru ataupun bekas tetap ada plus minusnya. Nah, jika pada saat ini kebetulan Anda ingin membeli motor secara kredit, ada baiknya jika hal-hal berikut ini bisa menjadi pertimbangan Anda. 

1. Teliti memilih dealer yang tepat
Sebelum memutuskan untuk mengambil kredit motor baru, ada baiknya Anda memilih dealer yang tepat. Cobalah untuk menemukan listing dealer yang memberikan biaya uang muka dan cicilan yang termurah. Pastikan Anda kalkulasikan terlebih dahulu berapa total harga sepeda motor yang Anda ambil. Jika harganya ternyata jauh lebih mahal, maka sebaiknya Anda mencari dealer yang lainnya.

2. Hitung angsuran dan tenor yang diambil
Hal selanjutnya yang tak kalah penting pada saat hendak mengambil motor dengan sistem kredit adalah kemampuan finansial Anda. Sebaiknya Anda cermati terlebih dahulu berapa pemasukan dan pengeluaran Anda setiap bulannya. Jika memang Anda memiliki uang muka yang cukup, maka disarankan untuk mengambil cicilan dengan tempo yang singkat karena cicilan yang besar biasanya justru lebih menguntungkan dibandingkan dengan cicilan yang kecil namun dengan tenor yang lama.

Memperhitungkan pemasukan dan pengeluaran bulanan adalah hal yang penting saat Anda memutuskan untuk mengambil kredit motor baru sebab apabila Anda tidak memperhatikan hal ini, bisa-bisa dalam beberapa bulan kedepan pihak leasing akan mengambil alih motor Anda dikarenakan Anda tidak mampu untuk membayar cicilannya.

3. Jangan mudah terpengaruh
Sebagai calon konsumen, sebaiknya Anda tidak lekas terpengaruh oleh marketing dari pihak dealer ataupun leasing sebab mereka adalah pekerja atau karyawan yang memiliki target penjualan. Baiknya Anda menjadikan promosi online maupun offline yang mereka lakukan menjadi semacam masukan bagi Anda sebagai bahan perbandingan harga serta fasilitas dengan dealer-dealer lainnya.

4. Tanggal jatuh tempo pembayaran
Ini adalah hal penting yang perlu untuk Anda perhatikan agar terhindar dari denda. Umumnya denda yang diterapkan leasing cukup besar oleh karenanya pilihlah tanggal pengiriman motor dengan tanggal pemasukan rutin dari pemasukan gaji maupun bisnis online maupun offline Anda. Sebagai contoh misalnya tanggal 27 Anda menerima gaji, maka sebaiknya pengiriman motor dilakukan pada tanggal 28 karena tanggal jatuh tempo angsuran adalah terhitung semenjak motor dikirim kepada konsumen.

4 tips sebelum membeli motor secara kredit
Kredit motor

0 komentar:

Posting Komentar