Hot!

Cara memulai bisnis rental mobil milik sendiri

Jika Anda mungkin telah mengalami kejenuhan menjadi karyawan dan ingin memulai bisnis sendiri, mungkin rental mobil bisa menjadi salah satu usaha yang patut untuk Anda lirik. Untuk memulai bisnis ini memang diperlukan modal yang lumayan cukup besar, meskipun demikian tentunya keuntungan yang Anda dapatkan juga akan sebanding.

Dalam setiap bisnis, tentunya pasti akan ada resiko. Jadi alangkah baiknya jika Anda telah mengetahui resiko-resiko apa saja yang mungkin datang manakala Anda menjalankan bisnis ini. Nah, sebagai referensi Anda untuk memulai bisnis rental mobil, berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan saat memulai rental mobil sendiri.


1. Tentukan jenis kendaraan
Sebelum Anda memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis sewa mobil, sebaiknya Anda mempertimbangkan dahulu model dan jenis bisnis yang akan digeluti sebagai acuan jenis mobil yang nantinya akan disewakan. Sebagai referensi awal, Anda bisa mengacu pada kegiatan usaha rental untuk kalangan pribadi (personal), kegiatan usaha alat angkut barang atau untuk pernikahan. Jika target pasar sudah jelas, maka lanjutkan pada proses selanjutnya.


2. Jumlah unit kendaraan
Anda tak perlu langsung membeli kendaraan dalam jumlah yang besar. Anda bisa memulainya dengan beberapa armada terlebih dahulu. Jenis mobil yang Anda perlu beli tergantung pada model bisnis Anda. Misalnya, jika Anda ingin memfokuskan bisnis di usaha rental mobil untuk acara-acara khusus, tentunya mobil dengan jenis sedan mewah atau SUV akan lebih cocok. Namun jika Anda ingin berbisnis rental angkutan barang, tentunya mobil-mobil jenis pick-up atau truk yang diperlukan.


3. Perawatan dan layanan pelanggan
Jika Anda memfokuskan bisnis di bidang jasa, tentunya hal terburuk yang mungkin terjadi adalah bilamana ada pelanggan atau klien yang merasa tidak puas dengan pelayanan Anda. Konsumen bisa di analogikan sebagai "pisau bermata dua" yang akan menceritakan bagaimana kebaikan Anda dan begitu juga sebaliknya. Sebagai referensi kisah sukses bisa Anda lihat di rent.jennete.com pusat sewa rental mobil Jakarta yang sukses dengan pelayanan plus yang diberikan kepada konsumennya.

Pastikan Anda selalu mengutamakan kepuasan konsumen, tentunya sektor pelayanan harus terus Anda benahi dan sempurnakan. Kepuasan yang didapatkan oleh konsumen tentu saja bukan hanya dari sudut pandang keramahan, responsif dan cepat dalam menanggapi keinginan konsumen akan tetapi juga dari tingkat kelayakan, perawatan serta kenyamanan armada yang disewakan kepada pelanggan.


4. Asuransi kendaraan
Pastikan semua kendaraan Anda diasuransikan. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan, kehilangan atau bentuk kerugian lain yang mungkin saja terjadi dalam bisnis ini.


5. Tempatkan kendaraan ditempat yang aman
Sangat penting bagi Anda untuk memparkirkan kendaraan Anda di area yang aman. Mobil Anda adalah investasi Anda yang paling bernilai. Jika memang diperlukan, Anda bisa melakukan langkah-langkah pencegahan seperti mempekerjakan tim keamanan atau melakukan instalasi sistem keamanan seperti alarm atau CCTV untuk menjamin aset yang Anda miliki selalu terlindung dan aman terutama dari tindakan pencurian atau pengrusakan.


6. Pemasaran
Niscaya setiap bisnis yang dilakukan pasti tidak akan berlangsung lama tanpa adanya pemasaran yang baik dan tertarget. Pasarkan bisnis Anda secepatnya karena setumpuk pengeluaran seperti pajak, sewa tanah, biaya asuransi dan obligasi lain yang telah menunggu. Bila Anda tak jeli untuk segera menangkap pangsa pasar, bisnis Anda akan terus mengalami kerugian dan berujung pada kebangkrutan.

Salah satu pangsa pasar yang paling menguntungkan tentunya adalah internet karena hanya melalui internet Anda bisa memperluas pangsa pasar bukan hanya di wilayah sekitar Anda saja akan tetapi juga ke wilayah-wilayah lainnya.

Bagi Anda yang mungkin masih awam dan belum terlalu paham bagaimana caranya Anda bisa memasarkan bisnis Anda dengan cepat di internet, ada baiknya jika Anda menggunakan bantuan jasa SEO / digital agency yang dapat membantu Anda untuk memasarkan produk Anda dengan tepat melalui beberapa channel distribusi di internet seperti sosial media, content marketing, search engine optimization dan lain sebagainya untuk membantu terjadi konversi transaksional pada bisnis Anda.

Untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana membangun bisnis secara online dengan bantuan jasa SEO, Anda bisa langsung menuju ke smartdigital.co.id untuk mendapatkan bantuan paling tepat guna membangun bisnis internet online bagi pemula. Semoga tips ini bermanfaat!

Cara memulai bisnis rental mobil milik sendiri
Bisnis rental mobil

0 komentar:

Posting Komentar