Hot!

Tips memilih dan membeli mobil bekas layak pakai yang masih bagus dan berkualitas

Tips memilih dan membeli mobil bekas murah berkualitas. Banyak orang yang memilih membeli mobil bekas sebagai kendaraan pribadinya ketimbang membeli mobil baru tapi kredit. Hal ini antara lain disebabkan oleh harganya yang murah serta tidak terlalu menekan biaya setiap bulan untuk membayar cicilan mobil yang dibeli.

Hingga saat ini, antusias masyarakat Indonesia terhadap mobil setengah pakai ini bisa dikatakan cukup besar. Pasalnya, sekarang-sekarang ini banyak terlihat begitu banyak showroom kendaraan terutama showroom mobil yang banyak dibuka di beberapa tempat di Jakarta dan kota-kota besar lainnya. Oleh karenanya, banyak juga orang yang mulai datang ke pasar mobil bekas ini.

Meskipun harganya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan membeli mobil baru, akan tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membeli mobil dengan sistem cash maupun kredit. Bukan melulu melihatnya dari segi harga yang murah saja lalu kemudian Anda menjadi tertarik. Akan tetapi juga dari segi kualitas interior dan eksterior termasuk mesin mobil tersebut. Apakah masih layak pakai ataukah tidak.

Anda jangan terburu nafsu untuk langsung membelinya untuk menghindari kerugian dan hal-hal yang mungkin tidak dikehendaki di kemudian hari. Sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu perihal asal dan usul mobil tersebut. Nah, agar Anda terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Alangkah baiknya jika Anda mengetahui trik dan tips cara membeli mobil setengah pakai ini:

1. Memilih penjual mobil yang terpercaya
Melalui rekomendasi antar teman, biasanya Anda akan menemukan penjual mobil terpercaya. Sehingga jika ada keluhan seputar masalah kendaraan yang telah Anda beli, Anda akan lebih mudah untuk menghubunginya.

2. Harga
Sebelum membeli, sebaiknya Anda tahu harga beli mobil tersebut lalu membandingkannya dengan merk mobil dengan tahun pembuatan yang sama di show room lainnya. Apakah sudah masuk harga pasaran ataukah harganya tidak.

3. Periksa kondisi mesin dan komponen yang lainnya
Apakah mesin mobilnya mempunyai kualitas yang baik, ataukah tidak. Sebaiknya Anda dapat mencobanya melalui tes drive. Cobalah lakukan tes drive pada jalan berlubang dan berbelok, jika terdengar suara yang kasar serta terdapat ketidak nyamanan dalam menjalankannya berarti ada mesin yang tidak berfungsi secara baik. Mobil yang demikian pasti akan membutuhkan servis yang banyak, apalagi jika digunakan untuk bisnis rental mobil, karena belum apa-apa Anda harus merogoh kocek dalam-dalam sebelum membuatnya layak pakai kembali.

4. Kelengkapan surat-surat kendaraan
Pastikan mobil yang Anda beli mempunyai surat-surat kendaraan yang lengkap. Seperti STNK dan BPKB. Hal ini penting guna menghindari terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan yang mungkin terjadi setelahnya.

Disamping keempat tips di atas, ada pula hal yang terpenting yang harus Anda perhatikan yakni sejarah mobil yang akan Anda beli baik secara tunai maupun dengan sistem kredit mobil bekas murah. Apakah mobilnya pernah mengalami kecalakaan ataukah tidak. Jika telah mengalami kecelakaan, urungkan saja niat Anda untuk membelinya. Sebab mesin mobil bekas yang sudah cacat atau mesinnya sudah tidak asli akan membuat performa mobil Anda akan terasa berkurang.

Dan yang paling penting jika Anda membeli mobil adalah buget atau uang yang Anda miliki. Karena jika buget Anda tidak cukup, sebaiknya Anda jangan memaksakan kehendak. Lebih baik cari tahu lewat komunikasi teman atau jasa bengkel yang mengerti masalah seputar otomotif dan pemasaran mobil, sehingga Anda akan mendapatkan mobil bekas dengan kualitas kelas atas.

Showroom kredit mobil bekas
Showroom mobil bekas

0 komentar:

Posting Komentar