Hot!

Kisah Inspiratif Bisnis Limbah Plastik

Kisah Inspiratif Bisnis Limbah Plastik. Sampah sebagai barang bekas yang tidak memiliki nilai yang berarti, kalaupun ada nilainya pasti rendah, hal itulah yang akan terlintas di benak kita saat dihadapkan pada setumpuk limbah plastik. Namun siapa sangka kalau dari sampah plastik tersebut bisa menghasilkan omset miliaran rupiah jika dikelola dengan baik dan tepat? Salah satu contoh sukses dari bisnis limbah plastik yang menginspirasi adalah bisnis daur ulang yang dimiliki oleh Mohammad Baedowy dengan nama CV Majestic Buana di Bekasi. Dalam satu tahun perusahaannya mampu mengantongi keuntungan miliaran rupiah, dari pengolahan limbah plastik yang diekspor ke China.

Namun setiap kesuksesan tentunya tidak didapatkan begitu saja, seperti juga bisnis limbah plastik milik Baedowy ini. Bisnis yang sudah dijalaninya hampir 13 tahun ini diawali dengan berbagai rintangan dan kegagalan yang tidak mudah untuk dihadapi. Siapa yang menyangka seorang Baedowy yang juga mantan auditor bank terkemuka di Royal Bank of Scotland ini sempat mencoba peruntungan di bisnis jangkrik dan cacing namun ternyata hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan, bahkan bisa dikatakan dia gagal dalam bisnis ini.

Bisnis limbah plastiknya justru terinspirasi ketika dia melihat aktivitas pemulung yang memunguti sampah plastik. Bahkan diapun tanpa merasa malu ikut memulung dan mengumpulkan botol plastik dan memilahnya berdasarkan warna dan jenisnya kemudian dicacah dan dijual. Aktivitas memulungpun dijalaninya setiap hari. Dari situlah ide cara memulai bisnis limbah plastik ia dapatkan. Baedowy melihat peluang bisnis limbah plastik lebih menguntungkan dan minim resiko.



Pada awal merintis usaha, Baedowy menggunakan mesin buatan pabrik dan hasilnya dia kirimkan kepada rekanan untuk memenuhi ekspor. Namun usaha tersebut terpaksa berhenti di tengah jalan karena adanya kerusakan pada mesin produksi. Berkat dukungan sang istri, Baedowy pun berhasil bangkit dari keterpurukan dan dalam waktu satu tahun dia berhasil menciptakan mesin pencacah limbah plastik walaupun dia tidak memiliki keahlian dalam bidang teknik.

Ia kembali menekuni bisnis limbah plastik yang sempat terhenti, dengan memilah botol plastik berdasarkan jenis dan warnanya lalu dicacah menggunakan mesin. Hasil dari serpihan botol plastik yang sudah dicacah kemudian dikeringkan. Baedowy merancang mesin yang bisa berputar dengan kecepatan tinggi untuk mencacah limbah plastik tersebut. Cara kerja mesin rancangannya hampir mirip dengan mesin cuci. Serpihan plastik yang sudah dikeringkan kemudian dimasukkan lagi ke dalam oven, baru kemudian dijual.

Di China produk Baedowy digunakan sebagai bahan baku pembuat benang polyester yang bahannya diperoleh dari limbah botol plastik minuman jenis PET. Untuk limbah plastik gelas minuman jenis PP digunakan untuk bahan dasar pembuatan tali rafia. Selain untuk memenuhi permintaan ekspor, Baedowy dengan kreatifitasnya menciptakan produk daur ulang sendiri yaitu lokop sapu yang terbuat dari botol plastik oli. Dengan mesin ciptaannya Baedowy bisa memperoleh hasil olahan sebesar 3 ton sehari dan meraup untung miliaran rupiah dalam satu tahun, angka yang fantastis untuk limbah plastik yang kita buang begitu saja.

Sebagai pengusaha sukses, Baedowy mengakomodasi permintaan masyarakat yang ingin sukses seperti dirinya, diapun tidak segan-segan berbagi ilmu kepada siapa saja yang berminat untuk menekuni usaha yang sama. Sampai saat ini jaringan mitra kerjanya telah menyebar dari Aceh hingga Papua. Dia bersedia memberikan pelatihan kerja dengan hasil yang nanti pasti dia beli. Keyakinannya adalah bahwa hal sekecil apapun jika dilakukan dengan penuh ketekunan akan memberikan peluang yang lebih besar.

Itulah kisah inspiratif bisnis limbah plastik yang sukses, bagi Anda yang ingin membuat gebrakan baru dalam berbisnis mari dimulai dari sekarang!

0 komentar:

Posting Komentar