Hot!

Tips Wisata Untuk Backpacker Pemula


Tips Wisata Untuk Backpacker Pemula. Berbicara mengenai wisata tentu sangat menyenangkan dan tidak akan ada habisnya untuk dibahas karena wisata adalah kegiatan yang menawarkan banyak kegembiraan bagi para wisatawan. Namun, berwisata bisa lebih menyenangkan tentunya apabila tidak banyak biaya yang dikeluarkan. Konsep wisata murah yang seperti ini biasanya diterapkan oleh backpacker.

Konsep wisata backpacker yaitu melakukan wisata yang hemat tetapi Anda tetap merasakan kenyamanan. Untuk itu apabila Anda adalah backpacker pemula simak tips-tips di bawah ini yang dapat membimbing Anda saat ingin melakukan perjalanan ala backpacker :

Pertama, 
menghilangkan kebiasaan membawa banyak barang untuk dibawa saat berwisata. Membawa barang yang terlalu banyak akan membutuhkan banyak tas. Hal ini akan menyulitkan Anda saat berencana melakukan wisata backpacker.

Terlebih lagi apabila tujuan wisata Anda berada di luar negeri. Barang yang banyak akan memaksa Anda mengeluarkan budget yang berlebih untuk membayar biaya bagasi dari maskapai yang sudah Anda pilih. Untuk itu tips yang bisa dicoba untuk mengurangi kebingungan yang Anda alami saat berkemas yaitu memilih barang yang penting dan Anda butuhkan saat perjalanan, membawa pakaian secukupnya atau jangan berlebih. Hindari untuk memasukkan barang-barang yang tidak diperlukan walaupun barang tersebut adalah barang yang sangat disukai.
Tips Wisata Untuk Backpacker Pemula
 
Terapkan konsep berkemas praktis yaitu sedikit barang akan menyamankan wisata Anda. Jangan lupa juga untuk menyediakan sedikit tempat kosong di koper atau tas Anda untuk tempat oleh-oleh saat perjalanan pulang.

Kedua, mencari sebanyak-banyaknya informasi yang diperlukan terkait dengan rencana wisata yang sudah dibuat sebelumnya. Semakin banyak informasi mengenai tujuan wisata yang Anda miliki, maka akan semakin mudah bagi Anda untuk melakukan penghematan biaya. Informasi yang biasanya dibutuhkan yaitu terkait tempat penginapan seperti harga dan fasilitas hotel atau villa meskipun harga murah tapi berkualitas, mempunyai pelayanan yang bagus dan kalau bisa dekat dengan objek wisata yang ingin dikunjungi untuk menghemat biaya transportasi, harga tiket objek wisata.

Selain itu, Anda juga sangat memerlukan informasi mengenai beberapa objek wisata yang rencananya akan Anda kunjungi. Carilah objek wisata yang bagus dan terjangkau sesuai selera Anda, baik wisata belanja, bahari, ataupun objek wisata alam. Objek wisata yang tanpa tiket atau gratis juga perlu dimasukkan ke dalam list rencana Anda karena walaupun gratis belum tentu tempat tersebut lebih jelek dari objek wisata yang berbayar.

Setelah mendapatkan informasi yang dirasa sudah cukup, barulah Anda bisa merencanakan anggaran biaya yang nantinya akan dikeluarkan. Agar lebih aman jangan hanya buat plan A saja tapi buat juga plan B untuk berjaga-jaga.

Tips berikutnya yang bisa Anda coba lakukan adalah menyertakan buku panduan yang berisi penjelasan yang lebih rinci mungkin akan Anda butuhkan selama melakukan wisata backpacker untuk pertama kalinya. Walaupun pada zaman sekarang ini semua informasi dapat diakses menggunakan fasilitas internet tapi bukan berarti buku panduan bukan sesuatu yang harus dibawa. Keadaan yang akan Anda alami selama melakukan perjalanan tentu sulit untuk diprediksi. Apalagi jika tujuan Anda berada di sebuah tempat yang susah signalnya pasti sulit untuk mendapatkan akses internet.

Salah satu hal yang biasanya Anda keluhkan saat harus membawa buku panduan adalah bobot buku yang cukup berat. Hal itu memang benar tapi bukan berarti Anda langsung meninggalkannya di rumah. Bobot yang cukup berat bisa Anda siasati dengan mengkopi bagian-bagian penting yang diperlukan sehingga tidak akan memberatkan.

Sebagai backpacker pemula, tidak hanya buku panduan yang harus dibawa. Peta juga wajib menjadi salah satu barang yang Anda bawa saat melakukan wisata backpacker. Jenis peta yang Anda butuhkan salah satunya yaitu peta transportasi yang biasanya berisi jalur kereta maupun jalur bus. Usahakan untuk tidak membeli buku panduan wisata di tempat wisata atau airport karena harga yang ditawarkan pasti lebih mahal.

Ketiga, menentukan atau memilih tempat untuk berwisata dengan cermat. Beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan saat memilih lokasi wisata yaitu:

Jangan hanya terfokus pada keindahan dan popularitas dari salah satu objek wisata tapi lihat juga biaya transportasi dan biaya hidupnya. Jika terlalu mahal tentu akan menggagalkan wisata murah yang sudah Anda rencanakan. Mencari tempat-tempat yang indah dan belum banyak dikunjungi oleh turis merupakan pilihan yang tepat. Karena perjalanan yang akan Anda lalui menjadi lebih istimewa.

Jika tujuan wisata Anda ke negara lain, alangkah lebih baik jika Anda mengunjungi negara yang bebas visa ataupun negara yang menyediakan visa on arrival yaitu visa yang dibuat ketika sudah mendarat di tempat tujuan.


Tips Wisata Untuk Backpacker Pemula


Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan ketika akan memulai wisata backpacker untuk pertama kalinya. Usahakan untuk tidak memulai wisata tanpa sebuah perencanaan atau persiapan apalagi jika Anda berencana untuk hemat biaya saat berwisata. Kesiapan sebelum berwisata akan sangat mempengaruhi kelancaran perjalanan Anda.

0 komentar:

Posting Komentar