Hot!

Memahami Profesi Wartawan

Memahami Profesi Wartawan. Profesi wartawan kini menjadi sebuah profesi yang sangat menjajikan masa depan yang baik sejalan dengan perkembangan media massa sebagai industri. Gaji yang cukup baik dengan jam kerja yang tidak terikat adalah sesuatu hal yang sangat unik dan menarik. Selain itu tidak perlu seragam dan disiplin tinggi sebegaimana profesi-profesi yang lain. Profesi wartawan dalam masyarakat memiliki status social yang tinggi. Pada umumnya wartawan sangat dihargai karena dinilai sebagai opinion leader yang mampu mengajak masyarakat melakukan sesuatu bagi peningkatan kualitas bangsanya. Melaui tulisan-tulisannya ia juga mampu membentuk opini public terhadap sesuatu masalah.

Permasalahan saat ini ketika wartawan telah di persefsikan sebgai sebuah penulis berita pesanaan. Citra miring ini terjadi ketika wartawan keluar dari korior sifat pembawaan dasar yang harus di miliki oleh setiap wartawan. Banyak berita yang tiak penting dan kurang bermanfaat saat ini yang di tulis oleh para wartawan. Kerap kali juga media tidak ingin menginformasikan berita yang penting, padahal itu adala sesuatu hal yang sangat baik untuk di serap oleh wartawan.

Bagi siapaun yang ingin menjadi Wartawan pertama-tama sangat penting memahmi sifat-sifat yang harus di Miliki oleh Wartawan, Berikut Ulasannya :

Memiliki Idealisme dan Integritas
Wartawan harus memiliki idealism dan intgertas yang tinggi terhadap kepentingan bangsa, kebenaran dan keadlian. Karena itulah pada umumnya wartawan akan sangat sensitive terhaap ketidakadilan, ketidakjujuran, penyimpangan prilaku, pelanggaran norma social, budaya,hukum, serta hal-hal yang terkait dengan Suku, Agama, dan Ras.

Memiliki Tanggung Jawab
Di dalam aturannya Wartawan harus memiliki tanggung jawab kepada Tuan yang maha esa, kepentingan rakyat dan Negara,moral dan tata susila, dan kepribadian bangsa. Wartawan pada umumnya berpegang kepada nalurinya sebagai mahluk individu, social dan berketuhanan. Karena itu ia selalu berpegang pada aturan- aturan yang terkait dengan interaksi antar individu, kelompok dan masyarakat sebagai relasi sang pencipta.

Mengabdi kepada Kepentingan Publik
Wartawan di dalam menjalankan tugas hasru menempatkan diri sebagai wakil masyarakat banyak atau public luas. Karena itu, untuk kemaslahatan masyarakat banyak , maka wartawan harus menggali berbagai informasi penting dan diharapkan juga menjadi bahan bacaan yang menarik bagi masyarakat banyak karena itu berkaitan dengan kepentingan mereka. Semakin banyak masyarakat memprhatikan medianya, maka keuntungan secara financial akan diperoleh.

Memahami Profesi Wartawan
sumber gambar via : http://nasional.news.viva.co.id/

Memiliki Kebebasan
Memiliki kebebasan di dalam memperoleh fakta-fakta dari sumber-sumber berita sebatas tidak menyangkut fitnah, pelanggaran hak privacy, pencemaran nama baik, dan penghinaan serrta berpengang kepada praduga tak bersalah. Selan itu juga dalam menjalankan frofesinya tidak mencampurbaurkan antara opini dan fakta. Di Negara-negara yang sduah mau ekonominya, kebebasan wartawan dalam memperoleh informasi dilindungi dengan parangkat hukum yang kuat dan berwibawa. Namun di Indonesia, hal itu belum sepenuhnya terlaksana dengan baik. Hal ini terlihat dengan adanya kasus penganiayaan wartawan oleh pihak –pihak yang tidak bertnggung jawab, bahkan sampai ada yang tewas namun tidak di utus secara tuntas.

Memiliki Hak Ingkar
Wartawan memiliki hak ingkar guna melindungi sumber berita yang minta di lindungi atau dirahasiakan namanya. Wartawan memiliki hak utntuk melindungi narasumbernya yang penting untuk menghindari dari perlakuan yang tidak sepatutnya dari pihak-pihak yang di rugikan dengan informasi yang di berikannya.

Itulah sedikit pembahasan mengenai wartawan. Bagi Anda yang berminat untuk terjun dibidang wartawan, semoga bacaan di atas bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar