Hot!

Buah-buahan untuk mengobati Anemia

Buah-buahan untuk mengobati Anemia. Kekurangan zat besi di dalam tubuh adalah salah satu penyebab anemia atau penyakit kekurangan darah. Gejala yang menyertai penyakit ini antara lain lesu, lemah, mudah lelah, pucat, dan pusing. Anemia atau penyakit kurang darah lebih sering menyerang kaum wanita berdasarkan hasil penelitian dari berbagai lembaga survey.

Untuk mengatasi kekurangan zat besi pada tubuh, diperlukan mengkonsumsi bahan-bahan pangan sumber zat besi , diantaranya daging, hati, ikan, susu, yoghurt, kacang-kacangan ,serta sayuran berwarna hijau. Selain itu banyak jenis buah-buahan yang dapat di konsumsi untuk mengobati penyakit anemia.

Berikut buah-buahan untuk mengobati Anemia :

Alpukat
Alpukat
Sumber Gambar : aguskrisnoblog.wordpress.com
Alpukat mempunyai nama lain avocado dan juga perseanan mill. Jenis buah alpukat yang banyak di pasaran adalah alpukat hijau bundar, hijau panjang, dan alpukat fuerte. Bentuk buah alfukat ada yang lonjong dan ada yang bundar dengan warna kulit buah hijau sampai merah tua. Daging buah umumnya berwarna kuning seperti menteg dan berbiji satu. Daging buah alfukat bertekstur halus, berserat halus, tebal, empuk, serta rasanya gurih dan lezat.

Alfukat mengandung kandungan zat gizi dan fitonutrien asam lemak olear dan linoleat, provitamin A, E, C, dan B. selain itu alfukat juga mengandung mineral besi, tembaga, magnesium, dan kalium atau potassium. Dengan memakan buah alfukat secara tidak langsung akan membantu untuk mencegah penyakit anemia atau kurang darah serta membantu regenarasi pada darah.

Anggur
Anggur
Sumber Gambar : www.peripawon.com
Anggur atau bisa juga disebut dengan nama grapes, vitis vinivera, vitis labrusca adalah buah-buahan yang enak dan berkhasiat. Jenis anggur di dunia ini bermacam-macam dan dapat dikelompokkan ke dalam tige tipe dasar anggur, yaitu, old word, north American, dan hybrids. Warna kulit buahnya beraneka ragam, ada yang berwarna kuning, merah, hitam, hijau dan juga ungu. Umumnya anggur dikonsumsi dalam bentuk jus, salad, atau dimakan secara langsung.

Selain sebagai obat anemia karena baik untuk pembentukan sel darah, anggur juga memiliki manfaat sebagai pencegah konstipasi, membersihkan hati, membantu fungsi ginjal, sebagai antivirus dan anti kanker, mencegah kerusakan gigi dan juga menurunkan kadar kolesterol.

Jeruk Bali
Jeruk Bali
Sumber Gambar : projokusumo.blogspot.com
Jeruk bali adalah jenis jeruk yang sangat unik. Jeruk ini tidak sama dengan jeruk pada umumnya. Benuk jeruk Bali bulat dan sangat besar dengan kulit yang berwarna kuning kehijauan apabila matang. Bila dibelah, kulitnya tebal menyerupai spon berwarna putih atau merah muda. Kulitnya bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan mainan-mainan anak kecil. Daging buahnya berwarna putih atau juga merah muda dan transparan dengan kandungan air yang sangat tinggi dan begitu manis saat di makan.

Jeruk Bali dapat dijadikan sebagai obat anemia karena memiliki kandungan zat gizi dan fitonutrien yang banyak. Selain itu, jeruk Bali dapat juga dijadikan sebagai obat anti kanker,menurunkan kadar kolesterol, menurunkan resiko penyakit jantung, memperlancar saluran pencernaan dan mencegah konstipasi.

Mangga
Mangga
Sumber Gambar : Youtube.com
Mangga mempunyai banyak jenis yang dapat kita temukan, diantaranya mangga gedong mangga golek, mangga madu, mangga harum manis, mangga dodol dan lain sebagainya. Mangga akan memiliki warna yang sedikit kekuningan dan agak lunak apabila di tekan ketika matang. Bijinya besar dan dagingnya berwarna kuning oranye serta rasanya manis dan segar.

Mangga memilik kandungan vitamin C, E, provitamin A dan niasin. Selain itu juga di tambah dengan mineral fosfor, kalsium, flavonoid dan serat yang dapat dijadikan sebagai obat untuk penyakit kekurangan darah atau anemia. Mangga juga mempunyai khasiat yang cukup banyak yang dapat dijadikan sebagai penurun panas tubuh, anti kanker, mengilangkan bau tubuh, memperlancar saluran pencernaan dan mencegah konstipasi.

Itulah sedikit informasi untuk tetap menjaga kesehatan Anda secara alami tanpa meminum obat, semoga bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar