Hot!

Kenali Hambatan Ini Sebelum Memulai Bisnis

Kenali Hambatan Ini Sebelum Memulai Bisnis Menjalani profesi sebagai karyawan dengan rutinitasnya seringkali membuat seseorang menjadi jenuh dan bosan, sehingga timbul keinginan untuk berwirausaha membuka bisnis tertentu. Besarnya keuntungan yang bisa diperoleh dari bisnis juga sering dijadikan alasan untuk keluar dari zona nyaman sebagai karyawan, meski begitu menjadi seorang wirausahawan bukanlah tanpa resiko, justru memiliki resiko yang lebih banyak jika dibandingkan dengan menjadi karyawan.
Kenali Hambatan ini Sebelum Memulai Bisnis
Anda berperan sebagai bos bagi diri Anda sendiri, sehingga segala sesuatu yang berkaitan dengan usaha Anda berada di tangan Anda sepenuhnya. Sebelum Anda memutuskan untuk berhenti sebagai karyawan dan memulai sebuah bisnis yang Anda impikan, pastikan Anda telah memiliki perencanaan yang benar-benar matang, sehingga bisnis Anda bisa menguntungkan seperti yang Anda harapkan.
Berikut ini adalah beberapa hambatan yang harus Anda hadapi jika berwirausaha:

1. Pendapatan tidak pasti
Dalam menjalani sebuah usaha, pendapatan yang diperoleh cenderung tidak pasti dan tidak menentu tergantung besarnya keuntungan yang masuk. Bisa saja suatu saat mendapatkan keuntungan yang besar, namun tidak menutup kemungkinan suatu saat mendapat keuntungan yang lebih sedikit.

Jika Anda belum yakin sepenuhnya dengan bisnis yang Anda jalani, maka sebaiknya Anda menjadikan bisnis Anda sebagai usaha sampingan terlebih dahulu. Namun jika Anda sudah yakin akan keuntungan usaha Anda yang stabil dan kontinue, maka Anda bisa fokus untuk mengembangkan usaha Anda dan berhenti dari pekerjaan Anda.

2. Salah perencanaan modal
Sebelum memulai sebuah bisnis sebaiknya Anda telah memiliki perencanaan modal yang matang yang berkaitan dengan pengelolaan modal itu sendiri. Pengelolaan modal yang baik dan terencana akan mendukung keberhasilan sebuah usaha. Tanpa adanya pengelolaan dan perencanaan yang matang, bisa dipastikan modal Anda akan hilang begitu saja dan tidak memberikan keuntungan. Pengelolaan modal yang asal-asalan akan mengakibatkan pemborosan karena tidak tepat sasaran.

3. Kalau tidak untung ya rugi
Ada 2 hal yang bisa diperolah dalam sebuah bisnis, yaitu untung atau rugi. Bisnis yang menguntungkan akan memberikan pendapatan yang ditargetkan, sedangkan kerugian akan terjadi jika bisnis tersebut tidak mampu memberikan hasil yang telah ditargetkan, dimana pemasukan tidak lebih banyak dari modal yang dikeluarkan. Anda bisa menerapkan strategi marketing yang tepat agar keuntungan yang Anda peroleh bisa stabil dan meningkat.

4. Tidak mampu membaca situasi 
dalam suatu bisnis bisa terjadi karena ketidakmampuan pelaku usaha dalam membaca situasi pasar. Kecenderungan pasar akan memperlihatkan kebutuhan yang diperlukan oleh konsumen. Berdasarkan hal itu maka sebaiknya Anda menetapkan terlebih dulu target pasar yang Anda tuju dan spesifikasi produk yang akan dijual agar bisnis Anda tepat sasaran dan mendatangkan keuntungan.

5. Mudah menyerah
Hambatan ini biasanya muncul saat suatu bisnis dihadapkan pada beberapa kendala ataupun kesulitan. Mudah menyerah bukanlah karakteristik seorang wirausahawan yang ingin sukses. Hambatan dalam berwirausaha bisa dijadikan motivasi untuk mencari solusi terbaik sehingga di waktu yang akan datang tidak menemui hambatan yang sama.

Jika Anda adalah seorang yang mudah menyerah maka sebaiknya Anda tetap menjadi karyawan, karena menjadi wirausahawan bukanlah pilihan yang cocok bagi Anda. Karena ada beberapa karakter yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan, yaitu ulet, tidak mudah menyerah, memiliki pemikiran yang kreatif, pandai memotivasi diri, berani mengambil resiko, fokus pada target, dan berpikir positif. 

Itulah beberapa hal mengenai hambatan yang muncul dalam memulai usaha yang sebaiknya Anda antisipasi jika ingin terjun dalam dunia bisnis, sehingga Anda bisa menjadi seorang wirausahawan yang sukses. Semua berhak menjadi bos, demikian juga dengan Anda. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar