Hot!

Tips Packing

Trik Praktis Packing untuk Berwisata. Setelah berencana untuk berkunjung ke sebuah tempat wisata hal selanjutnya yang pasti harus Anda lakukan adalah berkemas. Meskipun keliahatan sepele tapi hal ini cukup membuat beberapa orang frustasi karena banyak barang yang tidak bisa masuk ke koper. Masalah berkemas ini biasanya dialami oleh para wanita karena terlalu banyak barang yang ingin dibawa. Untuk mengatasi masalah barang yang melebihi kapasitas Anda bisa menggunakan beberapa trik berikut ketika ingin berkemas.

Ketika ingin berkunjung ke tempat yang jauh dari tempat tinggal dan dalam jangka waktu yang lama pakaian adalah salah satu barang yang wajib masuk ke koper. Namun, sebagian besar wanita sulit menentukan berapa banyak jumlah pakaian yang harusnya dibawa. Membawa pakaian yang terlalu banyak akan memakan lebih banyak tempat di tas atau koper yang Anda bawa. Tapi membawa pakaian yang terlalu sedikit juga akan menghambat perjalanan travelling Anda karena saat perjalanan Anda tidak akan pernah tahu situasi apa yang akan dialami selama perjalanan. Ada kemungkinan pakaian akan basah ataupun kotor saat berada di tempat wisata yang mengharuskan Anda untuk berganti pakaian. 
Tips Packing
Sumber Gambar : hijrahservices.com
Untuk menghindari hal-hal tersebut ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum memasukkan pakaian ke koper. Hal pertama adalah menyesuaikan jumlah pakaian dengan jumlah hari yang akan Anda habiskan di tempat tujuan. Yang kedua adalah menyesuaikan jenis baju dengan situasi dan kondisi setempat. Hindari untuk memasukkan pakaian kesukaan Anda apabila pakaian tersebut tidak cocok untuk dipakai di tempat wisata yang akan dikunjungi. Usahakan juga untuk tidak membawa celana jeans yang terlalu banyak untuk menghindari berat berlebih pada ransel. 

Apabila daerah kunjungan Anda bersuhu dingin, jenis pakaian yang harus Anda bawa adalah pakaian tebal seperti sweater, jaket tebal, atau baju hangat. Adapun perlengkapan lainnya yang wajib masuk ransel atau koper adalah sarung tangan, kaos kaki, topi penghangat dll. Sementara untuk daerah panas Anda harus menyiapkan pakaian yang berbahan tipis, clana pendek, topi dan aksesoris lain yang dibutuhkan. Intinya jangan membawa semua pakaian atau aksesoris favorit Anda tapi bawalah pakaian yang dibutuhkan saja dengan kapasitas yang pas.

Setelah selesai dengan urusan pakaian dan aksesoris pelengkapnya, barang selanjutnya yang harus dikemas adalah alat-alat untuk mandi. Untuk lebih praktis dalam mengemas peralatan mandi adalah menghindari barang yang dikemas dalam botol seperti shampoo atau sabun botol. Hal itu dapat menambah berat pada ransel atau koper yang Anda bawa. Cara mensiasatinya adalah dengan mengganti peralatan mandi botol dengan saset. Jangan lupa untuk menyertakan handuk saat berkemas.

Barang selanjutnya yang perlu dipacking adalah peralatan ibadah yaitu berupa mukena atau sarung untuk Anda yang muslim. Walaupun sedang bepergian jauh bukan berarti ibadah juga ikut dijauhkan. Untuk para muslimah sebaiknya membawa mukena yang bisa dilipat kecil sehingga tidak banyak menghabiskan tempat.

Perlengkapan yang tidak kalah penting lainnya adalah sandal atau sepatu yang Anda pakai ketika berwisata. Tidak semua sandal atau sepatu yang menjadi favorit Anda adalah pilihan terbaik untuk dibawa wisata. Sesuaikan dengan kondisi atau medan yang akan ditempuh disana. Jangan sampai memakai sepatu atau sandal menyederai kaki cantik Anda. Misalkan Anda berencana untuk backpackeran yang akan menepuh jarak berkilo-kilo dengan berjalan kaki. Sebaiknya jangan memakai alas kaki dengan hak tinggi atau menggunakan slop karena itu dapat melukai kaki. Pakaialah sneaker atau sandal untuk perjalanan tersebut karena lebih aman dan nyaman untuk berjalanan kaki jarak jauh.

Barang berikutnya adalah perlengkapan obat terutama bagi Anda yang mempunyai penyakit khusus. Masukkan juga tissue ke dalam tas Anda untuk menjaga kebersihan. Apalagi jika tempat tujuan wisata Anda itu berada di luar negeri yang rata-rata toiletnya tidak dilengkapi dengan shower, tissue akan sangat berguna dalam hal ini.

Agar packing barang di koper lebih rapi, Anda dapat menggunakan barang-barang yang khusus didesain untuk para traveller. Travel-kit dapat mengurangi beban koper karena berat produk-produk yang khusus dirancang untuk travelling ini lebih ringan dan praktis. Selain itu, Anda sebaiknya menyiapkan satu tas seperti totebag untuk surat-surat penting, dompet, gadget, tissue, camera dll. Sementara pakaian dan barang-barang lainnya dimasukkan ke koper.

Barang terakhir yang harus disertakan saat packing adalah charger portable. Di era sekarang ini orang sangat tergantung pada produk-produk elektronik seperti halnya handphone. Oleh karena itu membawa charger yang multifungsi adalah sesuatu yang baik untuk mengisi ulang baterai gadget, ipad, mp3, ataupun laptop. Namun, Anda perlu berhati-hati saat memutuskan untuk menggunakan charger portable karena tidak semuanya baik digunakan untuk produk elektronik Anda. Pastikan produk charger portable ini berkualitas baik sehingga tidak mengganggu atau merusak peralatan elektronik Anda. 

Adapun barang optional yang dapat Anda bawa karena situasi perjalanan dan kondisi tubuh. Saat Anda harus menempuh perjalanan panjang yang membutuhkan waktu cukup lama bahkan sampai sehari dua hari, membawa selimut bukan hal yang berlebihan. Perjalanan panjang menuju tempat wisata biasanya menggunakan jalur darat dengan menggunakan mobil atau bus. Selimut tersebut akan sangat Anda butuhkan untuk tidur selama dalam perjalanan. Karena ada kalanya AC mobil atau bus membuat badan Anda kedinginan saat malam hari tiba.

Itulah beberapa trik packing yang bisa Anda ikuti ketika sedang bingung menentukan barang-barang apa saja yang sebaiknya dibawa saat travelling. Satu hal yang harus Anda ingat agar barang bawaan tidak melebihi kapasitas koper atau tas ransel adalah hindari membawa barang-barang kesayangan yang tidak diperlukan. Sebaiknya tetap simpan barang-barang tersebut di rumah agar tidak merepotkan Anda saat travelling.

0 komentar:

Posting Komentar