Hot!

Tips Merawat Sepatu Kulit Agar Awet, Tidak Pecah, Mengelupas dan Bau

Tips Merawat Sepatu Kulit Agar Awet, Tidak Pecah, Mengelupas dan Bau. “Kepribadian seseorang dapat dilihat dari sepatu yang dikenakan”. Mungkin kalimat tersebut sering menjadi patokan bagi sebagian orang ketika ingin mengetahui kepribadian seseorang lewat apa yang dikenakannya.

Contoh sederhana misalnya, jika sepatu yang dikenakan seseorang terlihat kotor bahkan dekil, tentu secara tidak langsung memberikan kesan jika orang yang mengenakannya cuek dan malas untuk membersihkan. Kebersihan tidak hanya milik wanita saja, akan tetapi para pria juga harus menjaga serta merawat penampilannya, khususnya sepatu fashion pria bahan kulit branded dan bermerk. Sepatu yang terawat akan menunjukkan jika pria tersebut mampu menjaga nilai tambah bagi dirinya untuk menjadi terlihat lebih rapi.

Sepatu dibuat dari berbagai macam bahan. Salah satunya bahannya adalah kulit. Nah, agar sepatu kulit yang dikenakan dapat bertahan lama, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Pertama, kenali terlebih dahulu jenis dari kulit sepatu Anda. Dan yang kedua adalah dari kualitasnya. Semakin baik kualitas dari bahan kulit yang dipergunakan, maka akan semakin mudah dalam perawatannya.

Ketika Anda telah mengenali sifat dasar dari bahan kulit sepatu yang Anda miliki, misalnya kulit yang cukup elastis dan tahan terhadap cuaca, maka Anda harus memperhatikan posisi penataan serta peletakan sepatu. Biasakan untuk memberi jarak dengan sepatu lainnya sehingga sepatu kulit Anda tetap mulus serta tidak mudah tergores.

Tips Merawat Sepatu Kulit Agar Awet, Tidak Pecah, Mengelupas dan Bau
Tips Merawat Sepatu Kulit (FOTO: Garut.co)

Dikutip dari situs Netizenpos, beberapa langkah lain dalam tips merawat sepatu kulit yang bisa Anda lakukan diantaranya sebagai berikut:
  • Hindari peletakan di udara yang lembab karena akan membuat kulit menjadi mudah lapuk dan berjamur. Jika disimpan di kotak, maka letakkan silica gel untuk menghindari kelembaban yang berlebih.
  • Gunakan spons atau sikat khusus dengan permukaan halus saat Anda mencucinya. Jangan pula mengeringkan sepatu di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung karena dapat membuat kulit sepatu menjadi lebih mudah pecah serta mengelupas.
  • Lakukan penyemiran dengan gerakan searah agar sepatu tetap berkilau dan warna tetap cerah. Namun pastikan sebelum menyemirnya, Anda bersihkan terlebih dahulu dengan menggunakan kain halus.
Untuk perawatan sepatu suede atau sepatu yang terbuat dari bahan sejenis beludru, Anda harus memperhatikan kualitas bahannya terlebih dahulu. Jika bahannya cukup bagus, maka bisa dengan menggunakan handuk atau dengan sikat khusus secara perlahan untuk menghilangkan kotoran agar sepatu tidak cepat rusak.

Gosok atau bersihkan searah supaya permukaan sepatu tidak berantakan dan jika diperlukan bisa menggunakan cairan khusus untuk mempermudah dalam pembersihan. Jangan malas dalam membersihkannya karena sepatu jenis ini mudah keras dan akan susah untuk dibersihkan jika terkena kotoran yang telah mengering. Bila dilakukan pencucian, sebaiknya biarkan mengering perlahan serta hindari terkena panas matahari langsung.

Untuk jenis sepatu pria yang terbuat dari nylon, canvas dan denim, perawatan yang dilakukan lebih mudah jika dibandingkan kulit dan suede. Ketika membersihkannya, gunakanlah sikat bersih dengan kehalusan sedang agar sepatu gampang dibersihkan. Agar acara membersihkan lebih mudah, Anda dapat mengelap terlebih dahulu dengan menggunakan lap yang memiliki permukaan halus.

Selain itu, sepatu dengan bahan yang disebutkan diatas sebaiknya menghindari penggunaan deterjen saat dicuci karena deterjen dapat melunturkan warna dan merusak bahan. Jika sepatu yang Anda miliki berwarna putih, sebaiknya bersihkan langsung karena noda seperti lumpur atau tinta akan susah dibersihkan jika terlanjur menyerap di sepatu Anda.

Setelah membaca tips cara merawat sepatu fashion pria dan wanita seperti yang telah disebutkan diatas, tentu sekarang Anda, para pria dan wanita dapat tampil fashionable dan bergaya bukan?. Selamat mencoba tips-tips tersebut!.

0 komentar:

Posting Komentar