Hot!

Inilah Cara Mengatasi Rem Mobil yang Kurang Pakem

Bagi Anda pengendara kendaraan roda empat atau mobil pasti merasa kurang nyaman jika kinerja pengereman kurang bekerja maksimal. Padahal peran dan fungsi dari rem sangat penting yakni untuk menghindarkan mobil dari kejadian kecelakaan dan mengurangi kecepatan pada saat di jalan menurun.

Banyak pengendara merasa tidak ada masalah dalam pengereman padahal satu kekurangan kecil saja bisa berakibat fatal. Lalu apa saja yang perlu dilakukan pada saat kondisi rem kurang maksimal dalam menjalankan fungsinya? Nah, jangan khawatir, berikut ini ada beberapa tips cara mengatasi rem mobil yang kurang pakem yang di kutip dari situs otomotif mobil123.com,

Inilah Cara Mengatasi Rem Mobil yang Kurang Pakem
Ilustrasi Rem Mobil

Mengganti Selang Rem
Cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi rem kurang pakem adalah mengganti selang rem atau bisa dengan mengganti seal rem mobil. Kurang pakem dalam pengereman bisa disebabkan posisi pad tidak rata saat menempel pada piringan sehingga tidak menghasilkan pengereman maksimal.

Mengganti Minyak Rem
Cara kedua adalah mengganti minyak rem dengan yang baru. Perlu diketahui bahwa tidak semua jenis minyak rem cocok untuk semua mobil. Cara mengecek minyak rem adalah dengan mengocok handle lalu buka setelah angin keluar maka kencangkan kembali dan ulangi sampai kondisi pengereman kembali normal.

Mengganti Kanvas Rem
Pengereman yang tidak sempurna dapat disebabkan oleh piringan cakram yang tidak rata. Untuk memecahkan masalah ini Anda harus mengganti kanvas rem. Untuk menghindari kejadian rem blong, sebaiknya Anda mengecek secara rutin kondisi kanvas rem setiap 3 bulan sekali sesuai dengan rutinitas pemakaian.

Mungkin Anda sering mengesampingkan kondisi kanvas, piringan cakram, dan minyak rem padahal hal itu sangat berakibat fatal terhadap keselamatan Anda. Untuk langkah pencegahan, sebaiknya Anda melakukan servis rutin setiap 2 bulan sekali, memang membutuhkan biaya lebih tetapi itu untuk keselamatan Anda.

Kenali gejala penurunan beberapa bagian mobil yang berkaitan dengan pengereman mulai dari kebocoran servo atau booster, kanvas, piringan cakram, dan minyak rem. Itulah beberapa tips untuk mengatasi permasalahan rem kurang pakem. Yang paling penting adalah melakukan upaya pencegahan agar Anda bisa terhindar dari kecelakaan akibat kondisi rem kurang maksimal.

0 komentar:

Posting Komentar