Hot!

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Software HR Indonesia Dalam Sebuah Perusahaan

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Software HR Indonesia Dalam Sebuah Perusahaan. Dalam sebuah perusahaan, karyawan tentu menjadi aset vital yang memiliki arti penting bagi perusahaan agar bisa berjalan dengan baik. Ini pula sebabnya kenapa di setiap perusahaan terdapat sebuah departemen khusus yang menangani masalah sumber daya manusia atau SDM, yaitu divisi Human Resources Development (HRD).

Di masa lalu, manajemen serta pencatatan data-data karyawan lazimnya masih konvensional serta dilakukan secara manual. Namun seiring dengan perkembangan teknologi informasi, kini semua data-data karyawan serta performance karyawan dari hari pertama ia bekerja dapat dikemas dalam sebuah laporan yang terukur dan akuntabel.

Terlebih lagi berkat adanya pengembangan sistem aplikasi software HR Indonesia yang berbasis web, kini semakin mudah bagi perusahaan untuk bisa mengurus segala sesuatu yang menyangkut SDM yang terdapat di dalam suatu perusahaan. Namun tentunya sebelum Anda mengetahui lebih jauh apa yang disebut aplikasi software HR, fungsi serta manfaatnya, mari kita simak terlebih dahulu apa-apa saja yang menjadi tugas divisi HRD dalam sebuah perusahaan modern.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Software HR Indonesia Dalam Sebuah Perusahaan
Keuntungan Menggunakan Aplikasi Software HR Indonesia Dalam Sebuah Perusahaan
  • Melakukan rekrutmen tenaga kerja. HRD yang berperan penting agar perusahaan mendapatkan karyawan yang berkualitas dan sesuai dengan ekspektasi perusahaan dari mulai persiapan penyelenggaraan rekrutmen hingga proses seleksi serta lewat tes dan wawancara.
  • Melakukan evaluasi kepada karyawan, bagaimana kinerja mereka, apa yang harus diubah dan dikembangkan dan lain sebagainya.
  • Memberikan kompensasi atau reward kepada pegawai atas apa yang telah mereka kontribusikan ke perusahaan. Selain itu divisi HRD juga memiliki wewenang untuk melakukan peneguran hingga pemberhentian kerja di suatu perusahaan.
  • Memberikan pelatihan kepada para karyawan agar kompetensinya bisa lebih berkembang serta memaksimalkan potensial mereka.
Tugas HRD memang terbilang tidak sedikit. Terutama di perusahaan-perusahaan besar yang memiliki ratusan hingga ribuan karyawan. Ini menjadi salah satu alasan mengapa kini banyak perusahaan yang mulai menggunakan sistem aplikasi software HR guna meringankan beban kerja HRD. Salah satunya adalah sistem aplikasi payroll Indonesia dan software HR manajemen SDM dari Sleekr.co yang menggabungkan semua sistem yang ada pada divisi HRD dengan teknologi informasi (TI). Sehingga akan memberikan keuntungan agar lebih efisien. dan dari sini mempermudah untuk melakukan pekerjaan HRD dan mengolah sistem yang lebih praktis.

Kenapa menggunakan sistem software HR? Ini beberapa keuntungannya:

1. Bisa melakukan analisa dan juga informasi untuk karyawan.

2. Berhubungan tentang berbagai macam dokumen untuk pedoman karyawan, prosedur evakuasi, pedoman keselamatan kerja, dll.

3. Bisa memproses administrasi tunjangan, dari pendaftarannya, ketika ada perubahan status, memperbaharui informasi, dll.

4. Sudah menjadi satu dengan sistem payroll, sehingga HRD bisa sekalian menyesuaikan antara kinerja karyawan dan kompensasi yang diterimanya, beserta bonus.

5. Bisa me-manage berbagai data yang ada di dalam perusahaan tanpa harus memasukkannya satu-persatu. Menghemat dana bagi perusahaan, dan juga meningkatkan produktivitas dari HRD.

6. Meminimalisir adanya kesalahan di dalam analisa dan pengorganisasian pada SDM, sehingga tak terjadi komplain maupun kesalahan yang muncul ketika audit.

7. Karyawan juga bisa ikut berperan dengan memperbaharui profil mereka, melakukan review tentang data-data yang di dalamnya, dll.

Karena software HR juga menjadi satu dengan sistem payroll sekarang ini, maka tentunya akan semakin mudah bagi HRD untuk memantau apakah karyawan tersebut di kompensasi sesuai dengan beban kerjanya. Ini juga memudahkan untuk memberikan benefit pada karyawan yang berprestasi, dan melihat mana karyawan yang performanya masih kurang. Semua itu akan membuat HRD semakin efektif dan efisien dalam mengatur SDM di dalam sebuah perusahaan, sehingga akan membuat perusahaan sendiri semakin berkembang, meminimalisir adanya clash antara HRD dan SDM di dalamnya.

0 komentar:

Posting Komentar