Hot!

Tips Menuju Pola Hidup Keluarga Yang Sehat

Menjadi seorang kepala keluarga atau seorang ibu rumah tangga pastinya Anda sangat ingin membentuk suatu keluarga yang sehat jasmani maupun rohani. Anak-anak yang sehat secara mental dan spiritual akan berdampak pada kualitas kedewasaan diri mereka kelak. Karenanya perlu diusahakan mengikuti pola hidup yang sehat agar terbentuk suatu keluarga yang sehat juga.

Pola hidup sehat tak selalu hanya dengan berolah raga, namun juga banyak hal lain yang mempengaruhi fisik maupun pikiran semua anggota keluarga. Berikut ini macam-macam tips keluarga sehat yang bisa menjadi referensi Anda dalam membentuk keluarga dengan pola hidup yang sehat:

Tips Menuju Pola Hidup Keluarga Yang Sehat

Menjadi umat beragama yang taat


Agama adalah benteng kuat bagi segala sisi negatif kehidupan. Ajarkan taat beribadah bagi anak-anak Anda sedari dini agar anak menjadi dekat dengan Penciptanya dan tidak mudah terpengaruh hal-hal yang merugikan.


Membiasakan makan bersama

Tinggal bersama pasangan maupun yang sudah memiliki anak-anak, sebaiknya membiasakan anggota keluarga untuk makan bersama. Meski di siang hari semua anggota keluarga memiliki jadwal kegiatan yang berbeda, namun sedikitnya pada waktu sarapan dan makan malam dilakukan bersama di rumah.


Membatasi penggunaan gadget

Gadget saat ini sudah banyak yang menjadi boomerang bagi pemiliknya. Banyaknya waktu tersita untuk bermain dengan gadget mengalahkan waktu untuk keluarga. Batasi pemakaian gadget di rumah terutama bagi anak-anak yang masih usia sekolah. Tetapkan peraturan bahwa tak boleh ada gadget di waktu makan, liburan keluarga, acara nonton TV bersama dan berbagai macam kegiatan keluarga lainnya. Lakukan hal ini secara terus menerus sehingga bisa menjadi semacam lifestyle baru bagi seluruh anggota keluarga.


Melakukan check up kesehatan secara rutin


Saat ini sudah banyak paket check kesehatan bagi seluruh anggota keluarga. Tak ada salahnya Anda mendaftarkan keluarga untuk melakukan check up rutin 2 bulan sekali untuk mengetahui kondisi kesehatan semua anggota keluarga. Check up ke dokter juga termasuk kesehatan gigi dan mulut yang seringkali menjadi masalah yang menjengkelkan.


Berikan tugas untuk setiap anggota keluarga


Jadwal membersihkan rumah setiap minggu dapat menjadi ajang berinteraksi sesama anggota keluarga. Jangan hanya ibu atau ayah saja yang membersihkan rumah namun juga anak-anak diberi jadwal sesuai dengan porsi kekuatan mereka. Meskipun kecil namun biasakan anak juga ikut merasakan kerja keras orang tua agar anak tidak tumbuh menjadi pribadi yang manja.


Bersosialisasi dengan tetangga


Masyarakat perkotaan umumnya jarang sekali bertemu dengan tetangga. Padahal kegiatan ini cukup penting. Terlebih lagi bagi mereka yang lebih memilih untuk bersosialisasi di dunia maya, khususnya jejaring sosial. Parahnya lagi, hal ini terlanjur menjadi semacam gaya hidup atau lifestyle wanita maupun pria modern. Anda harus bisa menyadari jika teman atau sahabat Anda yang sesungguhnya adalah yang berdekatan dengan Anda dalam arti yang sesungguhnya. Dalam hal ini tentu tetangga merupakan saudara Anda yang terdekat. Karena itu jika ada undangan untuk menghadiri suatu pertemuan di area tempat tinggal Anda maka sedapat mungkin hadirilah agar terjadi silaturahmi yang baik antar penghuni wilayah.

Itulah beberapa tips untuk menjadikan semua anggota keluarga sehat baik secara fisik maupun mental. Pembentukan karakter anak dimulai sedari ia kecil dengan cara melihat apa yang dicontohkan orang tuanya, karenanya sangat penting bagi semua orang tua untuk melakukan pola hidup yang sehat agar kelak ditiru dan menjadi pondasi bagi kehidupan anak ketika dewasa kelak.

0 komentar:

Posting Komentar