Hot!

Udah Tau Minyak Jarak?. Ternyata Ini Lho Khasiat Yang Terkandung Didalamnya

Minyak jarak mungkin belum setenar minyak kelapa atau minyak zaitun. Meskipun belum terlalu dikenal, namun tahukah Anda ternyata minyak mengandung segudang manfaat. Penasaran manfaat apa saja yang ada dalam minyak jarak?. Nah, sebelum kita simak lebih jauh, mungkin ada baiknya kita cari tahu terlebih dahulu apa itu minyak jarak.

Minyak jarak, yang dikenal juga dengan nama beken carso oil, merupakan minyak nabati yang dihasilkan dari biji pohon jarak. Minyak ini terkenal di seluruh dunia atas keserbagunaannya, yang meliputi bahan pembuat barang sehari-hari, mulai dari sabun, pelumas onderdil, cat, dan bahan pewarna, tinta, dan parfum.

Tak hanya itu, di zaman dulu kala, minyak ini digunakan pula sebagai alat kontrasepsi. Meskipun memang memiliki sejarah kelam, dengan digunakan sebagai alat penyiksaan para penentang rezim fasis di Italia oleh Benito Mussolini, namun tak dapat dipungkiri bahwa minyak jarak memiliki segudang manfaat. Nah, apa sajakah manfaat minyak jarak untuk kesehatan dan kecantikan? Simak daftar lengkapnya berikut ini:

1. Meredakan nyeri otot

Manfaat minyak jarak untuk kesehatan yang pertama adalah untuk mengatasi rasa nyeri pada otot. Kehangatan yang dihasilkan dari mengoleskan minyak jarak dianggap ampuh untuk melancarkan sirkulasi darah Anda. Karenanya, minyak yang satu ini dipercaya pula untuk memijat dan meringankan nyeri yang disebabkaan lelahnya otot Anda. Untuk penggunaannya, Anda cukup mengoleskan minyak jarak ke bagiaan tubuh yang nyeri sebelum mulai memijat. Anda dapat pula menambahkan minyak chamomiledan minyak peppermintsesuai seles.

2. Meringankan nyeri sendi

Tak hanya meredakan nyeri otot, manfaat minyak jarak ternyata juga ampuh sebagai bahan untuk meringankan nyeri sendi. Banyak yang percaya bahwa penyembuhan ini dikarenakan kandungan asam amio ricinolic di dalamnya, yang merupakan asam lemak tinggi, serta kemampuannya dalam meningkatkan kadar sel darah putih (limfosit).

3. Melancarkan buang air besar

Banyak rumor beredar, mengatakan bahwa adanya racun ricin di dalam minyak jarak membuatanya tak aman untuk ditelan (diminum) secara langsung. Rumor ini tidak benar adanya, sebab racun tersebut telah dinon-aktifkan oleh produsen minyak jarak selama proses ekstrasinya. Nah, meminum minyak jarak dapat berfungsi sebagai pencahar. Namun, untuk hal ini, pemakaiannya harus disesuaikan dengan dosis berdasarkan umur. Untuk dewasa, cukup mengonsumsi 1 -- 2 sdm, dan 1 -- 2 sdt untuk anak yang berusia 2 -- 12 tahun. Sedangkan untuk anak di bawah 2 tahun, dosis yang dianjurkan tidak boleh lebih dari 1 sdt.

4. Melebatkan dan mengilapkan rambut

Manfaat minyak jarak untuk kesehatan yang terakhir adalah untuk menyuburkan serta menambah hitam warna raambut Anda. Sifat humectan-mengunci kelembapan alami- yang dimiliki oleh minyak jarak akan membuat kandungan minyak ini bertahan di batang-batang rambut. Otomatis, hal ini akan membuat setip helai rambut lebih gelap, tebal, dan subur. Untuk penggunaannya, Anda cukup mengoleskaan minyak jarak ke sela-sela batang rambut setiap habis keramas pada rambut yang telah dikeringkan.

5. Melebatkan bulu mata

Manfaat minyak jarak untuk kesehatan yang ketiga adalah untuk merangsang pertumbuhan bulu mata. Kandungan mineral, protein, dan vitamin E pada minyak jarak dapat memperkuat serta melebatkan bulu mata Anda. Cara penggunaannya tak terlalu rumit, Anda cukup mengoleskan minyak jarak menggunakan kuas eyeliner, pada bulu mata Anda. Lakukan hal ini setelah muka Anda sudah dicuci bersih, dan usahakan pada malam hari. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Nah, itu dia 5 manfaat minyak jarak untuk kesehatan dan kecantikan  yang harus Anda ketahui. Ingat, meskipun manfaat kesehatannya sangat baik dan banyak, namun Anda tidak boleh terlalu berlebihan dalam memakainya. Jangan menggunakan minyak jarak untuk pengobatan ibu yang sedang hamil dan menyusui.

(Artikel asli: https://www.kompasiana.com/newgodokindonesia/59e6d161a32cdd60164becd2/manfaat-minyak-jarak-untuk-kesehatan-dan-kecantikan-anda)

0 komentar:

Posting Komentar