Hot!

8 Tips Merawat Hijab Agar Selalu Terlihat Baru

Saat ini banyak wanita yang memakai hijab dalam kehidupan sehari-hari. Selain untuk melaksanakan perintah agama yakni menutup aurat, memakai hijab nampaknya juga dilakukan seiring dengan perkembangan zaman yang ada. Dengan memakai hijab, seseorang akan terlihat semakin menawan, anggun dan bijaksana. Memakai hijab juga membuat para wanita tampak lebih mempesona. 


Bicara mengenai hijab, pastikan untuk mengetahui bahan hijabmu ya ladies. Ketika kamu telah mengetahui bahan hijabmu, kamu bisa merawat hijabmu dengan tepat. Meski hijab sering digunakan, dicuci juga dijemur, hijab akan tetap terlihat seperti baru, warnanya tidak kusam dan begitu nyaman saat dipakai. Tentunya, selama hijab ini diperlakukan dengan tepat dan dirawat dengan baik. 

1. Pisahkan hijab berdasar bahan, warna dan motifnya. Menyimpan hijab yang sama dalam satu tempat akan membuatnya lebih terawat. Ini juga bisa bikin kamarmu terlihat makin rapi lho.
Ketika mencuci hijab, jangan asal menggunakan sabun cuci. 

2. Pilih sabun yang benar-benar aman buat hijabmu. Cuci hijab sendiri, jangan dibarengkan dengan mencuci pakaian, daleman apalagi kaos kaki yang terlalu banyak kotorannya. 

3. Alangkah baiknya jika hijab dicuci dengan dikucek pakai tangan. Hijab yang dicuci dengan mesin cuci dikhawatirkan akan lebih mudah rusak, memar juga sobek. Mencuci di mesin cuci juga dikhawatirkan membuat kain hijab mudah kusut. Jangan terlalu merendam hijab karena ini bisa melunturkan warnanya. 

4. Rendam hijab kurang dari 15 menit sebelum akhirnya dikucek lalu dibilas dengan air bersih.  Saat menjemur hijab, jangan langsung menjemur di bawah sinar matahari. 

5. Hindari pula menjemur dengan cara diperas terlebih dahulu. Hijab cukup dijemur di ruang terbuka yang tidak terkena sinar matahari langsung, dijemur dengan cara dibentangkan pada jemuran dan tanpa diperas. 

6. Ketika hijab sudah kering, lipat yang rapi jika memang belum akan disetrika. Kalau pun segera disetrika, perhatikan suhu setrika. Jangan gunakan setrika yang terlalu panas. Suhu setrika harus disesuaikan dengan jenis dan tekstur bahan hijab. 

7. Untuk menyimpan hijab, usahakan untuk menyimpan di gantungan atau hanger. Melipat lalu menumpuknya bisa membuat hijab kembali kusut atau terbentuknya garis lipatan walaupun telah disetrika dengan baik. 

8. Terakhir adalah pemilihan jarum pentul atau peniti ladies. Pastikan untuk memilih jarum pentul atau peniti yang tepat dan tidak berkarat. Juga, sematkan jarum ke hijab di tempat yang tepat pula. Menyematkan jarum berulang-ulang ke hijab bisa membuatnya mudah rusak apalagi jika ini dilakukan di tempat yang sama. Pilih jarum dengan ukuran yang tidak terlalu besar agar bahan hijab tidak terdapat bekas lubang karena jarum.

Itulah beberapa tips mencuci hingga menyimpan hijab yang tepat. Semoga tips ini bermanfaat ya.

0 komentar:

Posting Komentar