Hot!

Beberapa Cara yang Dapat Anda Lakukan Agar Tetap Bahagia Tanpa Perlu Hedonisme

Bahagia dalam menjalani kehidupan, tentu hal ini adalah yang didambakan oleh semua orang. Sebetulnya bahagia ini cakupannya amat luas, namun entah mengapa di era yang serba modern seperti masa kini kebahagiaan seolah hanya terlihat dari segi materi saja. Gaya hidup seperti inilah yang dinamakan hedonisme dimana uang dan materi menjadi tujuan kebahagiaan. Gaya hidup hedon kini kian marak sejak munculnya media sosial juga dimana semua orang berlomba memamerkan materi yang dimiliki.


Hampir semua orang menganggap jika kebahagiaan hanya bisa didapatkan ketika memiliki materi melimpah. Karena materi jadi tujuan kebahagiaan, maka tak heran jika banyak orang melakukan apapun juga untuk bisa mendapatkan materi tak peduli halal atau haram, baik atau buruk, curang atau tidak dan lainnya. Demi menghindari pandangan hidup yang demikian, ada baiknya jika Anda menjalani kehidupan yang sederhana. Berikut ini beberapa tips untuk hindarkan diri Anda dari perilaku hedonisme:

1. Hidup sederhana

Hidup sederhana bukan berarti hidup miskin. Bahagia sendiri tak semata bisa didapat dari materi saja karena mereka yang tak dilimpahi kekayaan juga bisa hidup dengan bahagia melalui caranya sendiri. Hiduplah secara sederhana dan tak perlu memamerkan kekayaan sehingga hidup justru senang dan tenang. Janganlah memiliki sifat serakah dan ingin memiliki segala hal.

2. Skala prioritas

Hedonisme kerapkali dikaitkan dengan sifat yang konsumtif dan pemborosan. Oleh karena itu Anda seharusnya bisa membuat skala prioritas dengan hal ini. Pastikan paham benar kebutuhan dan keinginan Anda dimana keinginan tidak harus selalu dipenuhi.

3. Pilah-pilih teman

Kebanyakan hedonisme ini muncul dari keinginan untuk bisa setidaknya sama atau justru terlihat lebih dari teman atau lingkungan. Dalam hal ini maka Anda pun harus lebih waspada dalam memilih teman. Teman adalah orang yang selalu dekat di sekitar Anda sehingga secara langsung baik sadar atau tidak, teman akan memberi pengaruh besar pada kehidupan Anda.

4. Banyak memberi

Dunia hanya sementara, mungkin itu yang seringkali Anda dengar. Nyatanya hal tersebut bukan hanya sebuah puisi semata namun memang benar adanya. Pada akhirnya nanti, manusia pasti memiliki batas akhir dimana mau tidak mau dunia akan ditinggalkan dalam kematian. Oleh karena itu carilah kebahagiaan dengan cara lain yaitu dengan banyak memberi dan membantu orang. Kebahagiaan ketika memberi tidak akan bisa Anda nilai dengan uang sejumlah berapapun.

Itulah beberapa tips bagi Anda yang ingin lepas dari dunia serba hedonisme. Memang uang bisa jadi sumber kebahagiaan, namun bukan satu-satunya. Cobalah lihat sekeliling, melihat keluarga yang sehat, anak-anak yang bermain ceria, masih bisa makan dengan nikmat dan sehat tentu juga menjadi kebahagiaan yang tak bisa terhitung dengan apapun juga.




0 komentar:

Posting Komentar