Hot!

Alasan Mengapa Patut Menjauhkan Diri Dari Teman yang Memiliki 8 Jenis Karakter Negatif

Tidak hanya pada tahun sebelumnya ataupun pada tahun ini saja, namun hal ini harus dilakukan dengan tahun-tahun yang akan datang untuk mencapai kesempatan kesuksesan tanpa harus bersanding dengan orang-orang yang memiliki sifat tidak baik. Menjauhkan diri dari orang-orang yang akan membawa dampak negatf bukan lah hal yang keji. Rekan kerja, teman, bahkan anggota keluarga bisa menjadi tipe orang 'beracun' yang menganggu dalam menjalani aktivitas sehari-hari karena memberi dampak negatif. Di antaranya kerap memberi suntikan pikiran negatif, manipulatif, dan atau perhitungan yang sangat buruk.


Dilansir dari laman Huffington Post, para ahli psikologi mengurut sejumlah karakter yang patut dihindari;

1. Yang mengidap Debbie Downer

Debbie Downer merupakan karakter di Saturday Night Live yang merusak pertemuan sosial dengan mengusung topik negatif. Mungkin beberapa orang di sekitar kita memiliki sifat seperti tokoh Debbie Downer. Orang dengan sifat seperti ini adalah mereka yang tidak rela jika kamu merasakan kebahagiaan. Misalnya saat sedang merencanakan liburan, orang dengan karakter Debbie ini akan bertanya "apakah kamu yakin ingin pergi? ini adalah waktu yang sangat padat sepanjang tahun."

Mereka memiliki cara untuk mengisap kegembiraan dari kabar baik dan membuat berita positif menjadi suatu hal yang negatif. Terapis Sheri Meyers mengatakan "mereka akan menemukan alasan mengapa kabar baik anda tidak bagus." Jangan pernah biarkan kebodohan dan kekhawatiran palsu dari orang yang berkarakter seperti Debbie Downers mengurangi kebahagiaan yang kita miliki. Orang beracun tidak peduli, mendukung atau tertarik pada hal yang penting atau terbaik untuk diri kita sendiri.

2. Suka menyalahkan orang lain

Orang-orang seperti ini mencoba menyerang, melemahkan, atau mempertanyakan persepsi seseorang tentang suatu hal dan membuatnya meragukan diri sendiri. Orang seperti ini sangat merusak hubungan. Terapis Amanda Stemen mengatakan orang seperti ini akan langsung berbohong dan menyangkal orang lain tanpa mepedulikan bukti, tindakan ini disengaja agar membuat orang tersebut bingung, yang akhirnya membuat diri kita menjadi suatu masalah dan membuat orang lain melawan diri kita. Hindari orang dengan sifat seperti ini sampai mereka bisa bertanggung jawab atas perilaku mereka. 

3. Memanfaatkan orang lain

Orang seperti ini menuntut waktu, tenaga dan yang ada dalam diri kita. Mereka bisa menjadi orang yang disukai orang lain dan menggunakan pesona yang mereka miliki untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Berada dengan orang seperti ini akan membuat diri kita merasa hebat. Namun bila mereka tidak merasa nyaman dengan kita mereka bisa membuat kita merasa ditolak dan menjadi seseorang yang sangat tidak berharga.

4. Disfungsional 

Orang yang sering memanfaatkan orang lain, tidak menghormati orang lain, termasuk orang yang harus dihindari. Jangan meminjamkan uang jika merasa tidak akan dikembalikan, dan merasa bersalah jika tidak membantu mereka. Tessina seorang psikolog menyarankan untuk menjaga jarak dengan orang yang disfungsional sampai ia berkomitmen terhadap pemulihan mereka. Kita bisa membantu mereka menemukan terapis atau kelompok pendukung. 

5. Kehilangan teman

Banyak yang berharap persahabatan berlangsung selama-lamanya. Namun pada kenyataannya banyak yang gagal menjalin hubungan persahabatan, dan itu bukan menjadi masalah. Jangan takut jika harus kehilangan seorang teman. Banyak hubungan pertemanan yang hanya berjalan sementara waktu saja.  Seorang terapis Kurt Smith menyatakan banyak kesalahan yang dilakukan untuk membuat hubungan pertemanan tetap bertahan. Hubungan persahabatan harus timbal balik. Jika memiliki teman yang menjadi beban, yang ingin lebih banyak didengar dari pada mendengarkan kita, hanya tertarik membicarakan diri mereka sendiri, dan terlalu egois maka perlu mempertimbangkan kembali hubungan dengan orang seperti itu. 

6. Yang perhitungan

Ada tipe orang yang selalu mencatat skor atau nilai mereka. Orang yang sering mencari kesalahan, dan menggunakannya untuk melawan kita di masa depan. 

7. Yang sering mengkritik

Tidak ada orang yang sempurna, setiap orang membutuhkan orang lain untuk memberikan kritik yang jujur mengenai diri kita. Namun orang yang selalu mengkritik bukanlah teman sejati. Orang yang selalu mengkritik akan mengambil kesempatan untuk menunjukkan kekurangan yang kita miliki. Orang yang terlalu kritis sering kali memiliki harga diri yang rendah dan mungkin memproyeksikan ketidakamanan mereka kepada orang lain di sekitar mereka. 

8. Berlatar belakang buruk

Hubungan romantis yang beracun sangat sulit diakhiri apalagi jika tidak berani menolak dan tidak berani mengatakan tidak. Memutuskan hubungan dengan orang seperti ini merupakan keputusan terbaik. Berhubungan dengan orang yang sering berbohong, memiliki masalah keuangan yang berat, penyalahgunaan alkohol, kekerasan, dan banyak catatan kriminal sebaiknya harus diakhiri. Meskipun kebanyakan orang berjanji untuk berubah. Perubahan itu bukan hal yang mudah dan akan memakan banyak waktu. Sebaiknya segera menghindari hubungan dengan orang seperti itu sebelum diri kita terlibat.

0 komentar:

Posting Komentar