Hot!

Ini Dia Berbagai Jenis Minuman yang Dapat Membantu Anda Tidur Nyenyak

Anda pasti pernah mengalami masalah sulit tidur, Insomnia sering kali terjadi ketika anda memiliki banyak hal yang membuat anda selalu memikirkannya, perubahan pola tidur dan gaya hidup pun sering kali menjadi penyebab terjadinya insomnia. Beberapa orang sulit sekali untuk mengatasi hal tersebut hingga harus menjalani terapi maupun mengkonsumsi obet tidur. Namun tahukah kamu bahwa beberapa makanan dan minuman alami bisa membantu kita agar tidur nyenyak sepanjang malam? Inilah berbagai minuman sehat yang bisa membantu kita tidur nyenyak


1. Susu hangat

Susu mengandung senyawa aktif triptofan. Kandungan triptofan dalam susu mampu merangsang otak memproduksi hormon serotonin dan melatonin. Kedua hormon inilah yang membuat kita merasa lebih rileks, tenang, dan cepat mengantuk. Selain itu, susu juga tinggi kalsium, yang sama-sama bisa bikin ngantuk. Agar tidur nyenyak, ada baiknya kamu mengonsumsi susu hangat sebelum tidur. Suhu hangat bisa membantu kita semakin merasa rileks dan santai.

2. Teh lavender dan chamomile

Menurut Marie Ruggles, seorang ahli diet seperti yang dikutip dari Reader’s Digest, teh herbal kombinasi bunga chamomile dan lavender bisa membuat kita tidur lebih nyenyak. Teh dari bunga chamomile yang dikeringkan mengandung efek yang bisa bantu menghilangkan stres dan menenangkan pikiran. Sedangkan minyak esensial lavender bisa melemaskan saraf tegang setelah seharian beraktivitas. Untuk membuatnya, kamu bisa menggunakan 2 kantung teh chamomile yang diseduh air hangat selama 8 menit. Lalu, aduk sambil tambahkan 1 atau 2 tetes minyak lavender murni. Konsumsi 30-60 menit sebelum waktu tidur.

3. Jus ceri

Jus ceri dipercaya bisa menjadi minuman untuk mengatasi insomnia. Dalam sebuah penelitian, penderita insomnia yang mengonsumsi dua ons jus ceri selama dua minggu bisa tidur 90 menit lebih lama daripada yang tidak minum jus sebelum tidur. Ceri memiliki sifat antiradang yang diyakini membantu jam biologis untuk lebih baik mengatur siklus tidur. Pastikan mengonsumsi jus ceri murni tanpa gula tambahan.

4. Smoothies kacang almond

Kacang almond mengandung magnesium yang bekerja menenangkan sistem saraf. Efeknya, otak akan memicu pelepasan produksi serotonin dan melatonin yang membuat kita cepat merasa ngantuk. Cara membuatnya seperti ini: blender susu kacang almond tawar (plain) dengan potongan pisang. Pisang juga menjadi sumber makanan tinggi triptofan dan magnesium yang membantu agar tidur nyenyak.

5. Lemon balm

Dalam sebuah penelitian yang meneliti tentang manfaat kesehatan dari buah lemon balm, salah satunya ditemukan untuk mengatasi masalah insomnia. Penelitian tersebut melaporkan 81 persen orang yang mengonsumsi teh herbal kombinasi lemon balm dan valerian dapat tidur lebih nyenyak dibandingkan orang yang hanya mengonsumsi teh placebo. Selain itu, lemon balm juga memberikan efek menenangkan dan memperbaiki mood agar tidur nyenyak lagi.

0 komentar:

Posting Komentar