Hot!

Menu Makanan Diet Tanpa Minyak yang Baik untuk Dikonsumsi

Saat ini banyak sekali wanita yang melakukan diet untuk mendapatkan tubuh sehat, tidak hanya tubuh ideal saja. Hal ini dikarenakan kesadaran akan gaya hidup sehat, banyaknya makanan atau jajanan luar yang tidak terkontrol kesehatan dan kebersihannya membuat seseorang haruslah mengatur pola hidup sehat. Tidak hanya wanita tetapi juga pria mulai banyak melakukan kegiatan positif. Kegiatan sehat ini dimulai dari aktifitas olahraga rutin, kemudian mengatur pola makan, dan memilih makanan yang rendah kalori dan kolesterol. Menghindari jajanan makanan yang kadar kesehatannya rendah, sehingga membuat pria dan wanita melakukan diet alami dan sehat.


Untuk mendapat makanan yang sehat tentunya tidak memiliki kalori berlebih dan kolesterol, kalori yang berlebih yaitu kebutuhan karbohidrat yang berlebih akibat memakan sumber karbohidrat dalam waktu yang bersamaan. Kolesterol yang berlebih yaitu banyaknya minyak yang terkandung dalam makanan yang dimasak. Berikut adalah cara mengolah makanan tanpa minyak diantaranya:

  1. Merebus, biasanya ini digunakan untuk merebus makanan seperti ubi-ubian dan sayuran. Merebus tidak perlu menggunakan minyak dan tidak membutuhkan garam berlebih.
  2. Memanggang, biasanya ini digunakan untuk memanggang daging rendah lemak ataupun ikan. Memanggang adalah cara yang baik untuk menghilangkan kandungan lemak dan minyak pada daging, tetapi pastikan memanggang dengan benar karena akan sangat berbahaya jika gosong ataupun arang menempel pada daging.
  3. Cara mengolah diatas sudah banyak digunakan untuk mengobati beberapa orang yang mengalami tingkat kolesterol dan gula berlebih. Cara-cara diatas dapat dijadikan gaya hidup sehat karena memakan makanan yang selalu digoreng sangat tidak baik bagi kesehatan. Ada juga mengolah makanan dengan mengukus sehingga terhindar dari minyak dan mempertahankan nutrisi makanan. Terdapat juga mengolah makanan dengan menyangrai tetapi tidak semua dapat diolah dengan cara seperti ini biasanya makanan yang sudah dikeringkan seperti gandum atau biji jagung. Memilih mengolah makanan yang jauh dari minyak akan membatasi seseorang mengonsumsi hal yang tidak sehat, mengolah makanan ini juga sangat baik untuk anak karena lebih sehat.

Berikut adalah menu makanan sehat tanpa minyak diantaranya:

  1. Oatmeal, hanya diseduh dengan air panas dan cenderung tidak memiliki rasa.
  2. Smoothies, jus sayur atau buah tanpa tambahan lain.
  3. Susu rendah lemak.
  4. Roti, biasanya roti gandum.
  5. Salad buah, buah yang dipotong persegi dan terdiri dari beberapa jenis buah.
  6. Pudding, dibuat dari buah atau sayuran sehingga lebih sehat.

Beberapa menu makanan sehat diatas sekaligus menjadi menu diet pria dan wanita. Dapat juga diterapkan kepada anak untuk mendukung tumbuh kembang anak dan memberikan pengetahuan tentang kesehatan dan tidak sehatnya mengonsumsi makanan dengan minyak berlebih. Hidup sehat itu pilihan, banyaknya makanan sehat dengan makanan tidak sehat membuat seseorang harus memilih. Memilih hidup sehat membuat umur panjang tanpa kesakitan atau penyakit.

0 komentar:

Posting Komentar