Hot!

Gaya Hidup Orang Jepang Agar Panjang Umur yang Bisa Anda Tiru

Jepang merupakan salah satu negara maju yang terkenal tidak hanya dari perilakunya yang loyal dan bekerja keras namun juga karena gaya hidupnya. Gaya hidup yang diterapkan oleh orang Matahari terbit tersebut tidak jarang membuat seseorang menjadi sehat dan panjang umur namun juga awet muda. Beberapa lifestyle dari orang Jepang yang bisa Anda tiru agar Anda bisa semakin sehat adalah sebagai berikut. 


Pertama adalah berjalan. Orang Jepang terbiasa berjalan kaki untuk pergi dari satu tempat ke tempat lain. Tidak hanya karena di Jepang memiliki tarif parkir yang sangat mahal, namun, juga karena kebiasaan yang menyebabkan orang Jepang gemar berjalan kaki. Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan berjalan kaki, diantaranya adalah:
  1. Mengurangi stress. 
  2. Mencegah osteoporosis terutama untuk Anda yang sebentar lagi atau sudah memasuki masa menopause. 
  3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga Anda tidak mudah sakit. 
  4. Membantu menurunkan berat badan.
  5. Mengurangi resiko diabetes tipe 2.
  6. Bagus untuk menjaga kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol.
Kedua adalah pencuci mulut yang sehat. Jika kebanyakan orang mengkonsumsi pencuci mulut yang manis seperti pudding atau kue, orang Jepang terbiasa untuk mengkonsumsi makanan yang rasanya tawar sebagai penutup seperti teh hijau ocha. Jika dibandingkan dengan orang Amerika yang mengkonsumsi gula sebanyak 100 gr per hari, orang Jepang hanya mengkonsumsi 48,8 gr per harinya sehingga bisa membantu untuk terhindar dari penyakit diabetes ataupun obesitas. 

Ketiga adalah mengkonsumsi rumput laut dan ikan. Orang Jepang gemar untuk mengkonsumsi nori atau rumput laut baik yang kering atau diolah menjadi beragam jenis makanan lain misalnya dibuat menjadi sup. Rumput laut sendiri memiliki kandungan zat antioksidan yang cukup tinggi sehingga bisa membantu untuk penyerapan lemak dalam tubuh dan pengolahannya yang hingga 4 kali lipat. Selain itu, masyarakat Jepang gemar konsumsi ikan misalnya dibuat menjadi sushi. Dengan kandungan asam lemak omega 3 tinggi di ikan bisa membantu Anda untuk menjaga kesehatan jantung dan otak Anda. 

Gaya hidup sehat yang lainnya yang diterapkan oleh orang Jepang yang bisa Anda tiru agar tetap sehat dan panjang umur adalah:

  • Berhenti makan sebelum kenyang. Kebanyakan orang akan menghentikan makan saat ia kenyang atau tidak mampu makan lagi. Akan tetapi, orang Jepang menerapkan prinsip ‘hara hachi bu’ dengan mengkonsumsi makanan hanya hingga perut Anda penuh sebanyak 8/10-nya. Dengan cara ini, maka makanan yang ada di dalam tubuh bisa mudah dicerna.
  • Suka makan sayur-sayuran.
  • Mengkonsumsi makanan berfermentasi misalnya netto, tofu, yogurt ataupun acar yang mengandung isoflavon yang tinggi.
  • Tidak selalu makan nasi namun menggantinya dengan sumber karbohidrat yang lain seperti ubi.
  • Memasak hanya dalam waktu singkat sehingga gizi yang ada di makanan tidak hilang.

0 komentar:

Posting Komentar