Hot!

Hal yang Perlu Dilakukan Ketika Mulai Mengalami Depresi

Setiap orang pasti pernah mengalami depresi, namun tidak semua depresi mudah ditangani. Karena deprisi merupakan salah satu kondisi guncangan pada mental dimana gejalanya dapat menghancurka kepercayaan diri dan energi untuk melakukan suatu kegiatan. Memang lebih mudah untuk diucapkan daripada dilakukan, namun di saat kita merasa lelah dan terperangkap dalam kesendirian, ini adalah waktu yang tepat untuk mendorong diri agar tetap aktif melakukan segala sesuatu yang bisa membuat kita tenang dan kembali bersemangat.


Lawan suara hati yang menghantui kita dan yang berkata bahwa tidak ada satupun yang dapat membuat kita merasa lebih baik. Ingat, menyerah pada energi negatif akan membuat depresi semakin menguasai. Berikut ini beberapa cara yang bisa kita lakukan saat sedang terpuruk.

1. Baca buku, nonton film, atau serial TV 

Kadang, ketika segala hal terasa sulit, membaca buku, menonton film, atau serial TV dengan konten dan jalan cerita (atau tokoh) yang familiar akan memberi kesempatan untuk melarikan diri sesaat dari realitas menuju dunia lain selama beberapa saat. Membaca atau menonton tayangan yang menjelaskan segala detail mengenai proses berpikir, emosi, dan situasi yang sedang kita alami bisa sangat menghibur dan menenangkan. Walau begitu sebaiknya pilih tema-tema yang menghibur, menyemangati, atau membuat kita sadar bahwa ada banyak hal yang bisa dilakukan selain menyerah pada depresi. Artinya jangan memilih tema-tema sedih atau putus asa.

2. Main dengan binatang
 

Studi menunjukkan bahwa interaksi dengan binatang dapat meningkatkan kualitas kesehatan mental dan hidup kita secara keseluruhan. Jadi, ajak main kucing atau anjing kesayangan, atau kunjungi cats cafe atau dogs cafe terdekat, jika ada. Atau cari penampungan hewan terdekat, dan tawarkan bantuan sukarela untuk merawat binatang-binatang yang ada di sana

3. Forum online anonim, blog, atau komunitas lokal 

Tidak banyak orang yang bersedia membicarakan perjuangan kesehatan mental mereka. Tetapi, ketika mereka melakukannya, pengaruhnya akan terasa sangat nyata kepada orang lain yang menyimaknya, untuk memberi tahu bahwa mereka tidak sendiri dan bisa terus berjuang. Bergabung dengan forum online ataupun komunitas lokal di sekitar tempat tinggal akan membantu kita mengetahui bahwa banyak orang dari seluruh penjuru dunia yang sedang mengalami apa yang kita alami saat ini. Hal tersebut akan membantu menghilangkan rasa kesepian. Beberapa contohnya adalah janganbunuhdiri.net, Whisper, Yik Yak, IMAlive, Trevor Space, Healthful Chat.

4. Cari terapis 

Usulan mencari terapis bisa jadi sangat menakutkan, tetapi memiliki seseorang yang mengerti tentang keadaan kita dan bisa diajak bicara dapat membantu memahami lebih dalam tentang diri kita dan kesehatan mental kita.

5. Curhat dengan orangtua atau teman dekat 

Wajar jika kita merasa membebani atau mengganggu orang lain, terutama orangtua dan sahabat dekat, ketika selalu menelepon atau mengirim chat untuk minta bantuan. Tapi ingat, kemampuan kita untuk mengenali, merangkul, dan membicarakan kondisi kita adalah sebuah prestasi besar. Orang-orang yang kita cintai akan selalu mendukung.

6. Telepon gawat darurat 

Jika kita dalam keadaan darurat atau hanya perlu berbicara dengan seseorang, jangan pernah ragu untuk menelepon bantuan yang mengkhususkan diri membantu orang-orang dalam berbagai situasi, percobaan bunuh diri, masalah kejiwaan, dan gawat darurat lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar