Hot!

Tips Mudah Hilangkan Kantuk Siang Hari di Kantor

Senin adalah waktunya kembali ke kantor untuk bekerja, memulai rutinitas di awal pekan harusnya lebih bersemangat karena sudah mendapatkan libur di akhir pekan. Namun nyatanya masih pegawai yang masih ingin libur dan membuat kantuk ketika duduk dikubikel, bahkan ada yang menelungkupkan kepala di meja setelah jam makan siang. Kantuk di siang hari adalah sebuah hal yang menyenangkan sekaligus mendebarkan, apalagi jika belum menyelesaikan pekerja dan bos kebetulan sedang melintas.


 
Rasa kantuk sebenarnya bisa dilawan tanpa menggunakan kopi, cairan hitam dengan kandungan kafein tersebut hanya akan memacu adrenalin dan meninggalkan rasa lelah berlebih. Jika anda amati, pada bagian tubuh, terutama kaki akan muncul bercak hitam akibat kelelahan dan juga kandungan kafein tinggi. Itulah kenapa, saat begadang dan meminum kopi beberapa gelas, bisa mengalami kekalahan tinggi dan tidur dalam waktu lebih lama.

Bagaimana cara mengatasi kantuk di kantor saat siang hari? Ini sebuah masalah yang harus anda atasi sendiri, berikut ada beberapa tips mudah hilangkan kantuk tanpa menggunakan kopi sebagai pengganjal mata:

  1. Hindari porsi makan siang berlebih. Kebiasaan tidak sarapan membuat perut benar-benar kosong dan kelaparan di jam makan siang, akibatnya akan mengambil porsi makan lebih banyak dari normal. Memang ini akan melegakan, tetapi berpotensi menyebabkan kantuk apalagi kondisi kantor tertutup dan berpendingin ruangan. Pastikan anda makan kandungan karbohidrat di jam sarapan, bisa roti, sereal atau segelas susu. Sehingga perut tidak akan terlalu lapar dan diisi berlebih di jam makan selanjutnya.
  2. Lakukan olahraga ringan. Pernah naik ke lantai ruangan dengan menggunakan tangga bukan lift? Ternyata membakar kalori setelah makan siang bisa membuat semangat tersendiri, jika ruangan anda berada di lantai 7, maka coba naik tangga dari lantai 5. Ini cukup mengeluarkan keringat dan tidak akan mengalami kantuk.
  3. Istirahat setelah makan siang. Setiap pekerja akan memiliki jam makan siang minimal 60 menit, area gedung perkantoran sudah mempersiapkan beberapa lantai sebagai tempat makan. Tujuannya untuk menghemat waktu istirahat, bahkan kantin kantor menjual makanan sehat dengan harga murah. Setelah santap siang, jangan terburu-buru kembali ke ruangan, duduk dulu dan nikmati berita atau sekedar bercanda. Ini akan membuat makanan sudah turun dan mulai dicerna, rasa kantuk tidak akan muncul setelah kembali ke kubikel nantinya.
  4. Masih juga merasakan kantuk setelah makan siang, bisa mengkonsumsi minuman mengandung vitamin C tinggi. Rasa kecut akan membuat mata lebih fresh, selain itu makan siang biasanya kandungan karbohidrat tinggi. Ini bisa anda dapatkan dari permen multivitamin atau jus buah segar. Vitamin C mengatasi rasa penuh di dalam perut yang memicu kantuk, hilanglah rasa kantuk dan membuat Anda bisa bekerja dengan maksimal.

0 komentar:

Posting Komentar