Hot!

5 Manfaat Jika Anda Disiplin Membayar Kewajiban Pajak

Kini baik perorangan maupun perusahaan bisa mengandalkan aplikasi khusus untuk menghitung nilai pajak yang musti dibayar. Sistem pajak kini sudah dibuat online mulai dari cek status pajak sampai pelaporan SPT tahunan baik perorangan maupun perusahaan. Dibuatnya sistem online yang semakin mudah dan murah diharapkan mampu meningkatkan kesadaran siapa saja untuk disiplin dalam mengurus pajaknya. Sayangnya tidak sedikit yang lebih memilih mangkir, karena memang kadang kala beban pajak terasa menyiksa.

Padahal dengan rajin membayar kewajiban pajak penghasilan pph pasal 21, berarti Anda sudah menjadi warga negara yang baik dan bahkan bermanfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia. Ibarat Anda bersedekah, seringnya ketika bertemu langsung dengan mereka yang dianggap layak mendapatkan sedekah. Namun ketika sedekah ini diserahkan kepada lembaga yang lebih kompeten maka bisa disalurkan kepada siapa saja dan dimana saja yang sekiranya membutuhkan. Rezeki Anda pun bisa dirasakan oleh orang lebih banyak untuk cakupan lebih luas.



Manfaat Pajak yang Mungkin Belum Diketahui

Pajak pun memiliki prinsip serupa, maka untuk meningkatkan kesadaran pajak dibuatlah berbagai sistem yang mempermudah termasuk aplikasi perhitungan pajak. Kalau belum yakin mau disiplin pajak, coba tengok saja beberapa manfaat pajak berikut ini:

1. Meningkatkan kualitas pendidikan,

Pajak yang berasal dari seluruh masyarakat Indonesia sebagian akan dialirkan ke anggaran pendidikan di tanah air. Dana pajak ini nantinya akan dipergunakan untuk membangun sekolah-sekolah, mendirikan sarana olahraga di sekolah, mendirikan asrama ataupun rumah dinas, dan sebagainya.

2. Subsidi pada bidang pertanian,

Selain untuk dialihkan ke sektor pendidikan, dana pajak yang terkumpul pun sebagian akan dialirkan ke anggaran pertanian. Petani akan menerima subsidi dalam berbagai bentuk, salah satunya adalah subsidi untuk pupuk maupun pestisida. Lewat dana subsidi tersebut petani tidak lagi merasa berat membeli kebutuhan pupuk agar lahan yang diolah mampu menghasilkan produksi yang lebih maksimal. Subsidi ini pun bisa dikaitkan ke harga kebutuhan pokok, seperti beras agar masyarakat mampu membelinya.

3. Perbaikan di bidang fasilitas kesehatan,

Kebutuhan akan fasilitas kesehatan yang baik menjadi kebutuhan paling krusial oleh masyarakat di tanah air maupun di dunia. Lewat dana pajak nantinya akan disalurkan ke anggaran fasilitas kesehatan untuk bisa diperbaiki meski sedikit demi sedikit. Perbaikan ini sudah mulai terlihat melalui salah satu program BPJS kesehatan yang memungkinkan masyarakat menerima layanan kesehatan prima dengan biaya yang terhitung minim. Kini kesehatan bisa dinikmati oleh siapa saja tidak peduli status sosialnya.

4. Dana untuk menanggulangi bencana,

Pajak yang telah Anda bayarkan nantinya juga akan dialirkan ke sektor anggaran penanggulangan bencana. Anggaran ini disediakan untuk membantu mengatasi dampak bencana alam yang terjadi di tanah air. Sehingga saat satu daerah mengalami bencana pemerintah bisa langsung menyalurkan bantuan yang diperlukan. Tidak hanya kebutuhan pangan dan sandang saja melainkan juga bantuan tenaga medis, petugas penolong, dan sebagainya.

5. Meningkatkan sistem pertahanan keamanan negara,

Dana laporan keuangan yang berupa pajak yang Anda setorkan nantinya juga akan digunakan untuk meningkatkan sistem pertahanan keamanan negara. Salah satunya lewat tindakan yang diambil oleh menteri pertahanan di tahun 2016 lalu, ketika memakai anggaran sebesar 120 trilyun. Dana ini digunakan untuk membeli Alutsista yakni alat utama sistem pertahanan. Semisal pembelian pesawat terbang baru bukan bekas dengan teknologi canggih, sehingga para anggota militer bisa melindungi negara tanpa cemas pesawatnya jatuh mendadak karena udzur.

0 komentar:

Posting Komentar