Hot!

Berbagai Buah Kaya Protein yang Dapat Membantu Menurunkan Kolesterol

Mengkonsumsi makanan yang mengandung protein sangatlah penting, bagi sebagian orang yang sedang diet atau vegetarian tentu saja tidak akan mengkonsumsi daging untuk mencukupi kebutuhan protein pada tubuh. Ketika ada pertanyaan apa saja pengganti daging sebagai sumber protein pasti dalam benak anda adalah telur, kacang kedelai dan susu. Akan tetapi taukah anda ada beberapa jenis buah yang mengandung protein ? 


Berbagai buah tinggi protein ini tentunya dapat kita jadikan alternatif camilan yang lebih sehat dan pasti mengenyangkan. Terlebih buah-buahan juga mengandung serat yang lebih tinggi, sehingga bila dimakan secara teratur justru dapat membantu menurunkan kolesterol. Daftar buah tinggi protein untuk camilan sore yang lebih sehat :

  • Aprikot kering 
Kandungan aprikot kering lebih tinggi daripada versi segarnya. Satu porsi 200 gram aprikot kering mengandung sekitar 3,4 gram, sementara dengan takaran yang sama aprikot segar hanya mengandung 2,8 gram. 

  • Jambu 
Buah jambu termasuk salah satu buah tinggi protein. Dalam satu porsi buah jambu menyediakan 112 kalori dan 2,6 gram protein. Selain kaya akan protein, kandungan likopen dan antioksidan dalam buah jambu juga bermanfaat sebagai antioksidan penangk kanker. Tak hanya itu, dengan rutin mengonsumsi buah jambu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda karena kaya akan vitamin C yang bahkan lebih baik daripada jeruk. 

  • Kurma 
Kurma merupakan buah tinggi protein, yakni sebanyak 2,4 gr protein. Tidak hanya itu, kurma juga mengandung kalium tinggi yang membantu menghindari beberapa masalah kesehatan dan sumber serat yang baik untuk menstabilkan gula darah. 

  • Alpukat 
Kandungan protein dalam 100 gram alpukat bisa mencapai 2 gram. Selain itu, alpukat juga mengandung lemak baik yang membantu menangkal penyakit jantung dan membuat kenyang lebih lama. Magnesium dalam alpukat yang cukup tinggi juga bermanfaat untuk meredakan ketegangan otot dan menyembuhkan kelelahan.

  • Nangka 
Nangka adalah salah satu buah tinggi protein serta kaya akan zat gizi baik, diantaranya mengandung kadar protein sekitar 1,7 gr, kalium, antioksidan, serta vitamin C dan sedikit vitamin A untuk membantu tubuh melawan kerusakan radikal bebas. 

  • Kismis 
Per 100 gram kismis mengandung protein sebanyak 3 gram. Kismis juga kaya akan serat dan vitamin C. Dengan mengonsumsi kismis, maka asupan protein harian bisa tercukupi sekaligus membantu memperlancar proses pencernaan. 

  • Jeruk 
Buah jeruk dapat dengan mudah kita temui di swalayan, pasar, maupun pedagang buah. Biasanya orang mengenal buah jeruk karena tinggi akan vitamin C yang berguna untuk menyembuhkan sariawan. Tapi di samping itu manfaat lain buah jeruk bisa untuk kecantikan seperti mencegah kerusakan kulit. Per 100 gram buah jeruk mengandung 1 gram protein 

  • Pisang 
Pisang kaya akan zat gizi seperti potassium dan protein. Kadar protein yang terkandung dalam 100 gram pisang adalah 1,1 gram. Manfaat lain dari pisang untuk kesehatan adalah mempertahankan berat badan sehat, menjaga sistem pencernaan bekerja optimal, dan membantu menjaga tekanan darah berkat kandungan kalium di dalamnya.

0 komentar:

Posting Komentar