Hot!

Tips Mencuci Karpet Mobil untuk Menghindari Bau dalam Kendaraan

Karena terlalu fokus pada tampilan luar atau eksterior kendaraan, memang banyak diantara masyarakat yang kemudian melupakan bagian dalam atau interior kendaraan tersebut. Ada kalanya memang eksterior menjadi bagian utama yang harus selalu dibersihkan, karena mudah dilihat oleh orang lain, juga paling rawan kotor dibandingkan dengan bagian yang lainnya, namun juga jangan menyepelekan bagian interior mobil Anda, karena bagian inilah yang akan sangat mempengaruhi kenyamanan dalam berkendara, mulai dari kondisi kebersihannya dan sejenisnya. 


Ada kalanya diantara Anda yang pasti mencium aroma kurang sedap ketika sedang berkendara bukan, ini bisa jadi disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari menaruh barang-barang tertentu, khususnya makanan di dalam mobil atau bisa jadi karena karpet mobil dalam kondisi yang kotor, tak pernah dicuci, sehingga menyebabkan aromanya kemana-mana. Bagian alas interior mobil ini memiliki fungsi yang sangat penting untuk menunjang kebersihan dan juga membuatnya tampil lebih cantik. 

Sekaligus masuk juga sebagai bagian yang harus sering diperhatikan, karena rentan ditempeli berbagai jenis kotoran. Wajib bagi Anda untuk mencucinya secara teratur. Berikut ini cara mudah yang bisa dilakukan untuk mencuci karpet kendaraan tersebut agar selalu bersih dan wangi, yaitu: 

  1. Keluarkan terlebih dahulu karpet kendaraan tersebut dari mobil Anda, sambil ditepuk-tepuk, karena tak jarang diantaranya debu bahkan pasir yang menempel. 
  2. Siapkan air yang mengalir dari selang, kemudian Anda dapat mengguyur permukaan dari karpet tersebut menggunakan air yang mengalir secara perlahan, dengan diguyur secara langsung memungkinkan kotoran untuk langsung luntur dari permukaannya, warna air biasanya akan langsung berubah menjadi coklat jika memang banyak debu yang menempel. 
  3. Gunakan detergen, lebih diutamakan memakai detergen liquid dibandingkan dengan jenis detergen serbuk, karena tak jarang diantara serbukan tersebut yang tidak bisa dibersihkan secara sempurna dari serat kain karpet. Anda bisa secara langsung mengaplikasikan detergen ke permukaan karpet sambil disikat secara perlahan agar detergen berbusa. Lakukan di seluruh permukaan karpet sampai bersih, kemudian bilas menggunakan air sampai tak ada busa yang tertinggal. 
  4. Jemur karpet mobil tersebut di bawah terik matahari, biasanya semakin tebal permukaannya maka akan semakin lama pula proses pengeringan dari karpet tersebut. Untuk itu dianjurkan mencucinya ketika sinar matahari terik, atau dalam cuaca yang benar-benar panas, sehingga mudah kering, mengingat dalam kondisi yang selalu hujan tak jarang diantaranya membuat aroma karpet menjadi kurang enak. 
Sangat mudah bukan, lakukan secara teratur sehingga tak ada hewan-hewan semacam tungau yang hidup di kalam karpet kendaraan Anda. Sebaiknya juga miliki karpet cadangan, sehingga bisa digunakan bergantian ketika satu yang lainnya dicuci. Kini ada banyak sekali tampilannya yang cantik.

0 komentar:

Posting Komentar