Hot!

Beginilah Aturan Makan Sushi Ketika Sedang Hamil

Hamil merupakan masa-masa paling sulit karena harus pintar dalam memilih makanan, menjaga kesehatan janin pasti menjadi nomor satu. Memang pada saat hamil membutuhkan asupan gizi yang cukup untuk pembentukan otak pada janin agar menjadi anak yang cerdas dikemudian hari. Namun, selama hamil ada aturan makanan boleh dan tidak boleh di konsumsi menjadi lebih ketat. Salah satunya adalah mengkonsumsi sushi.


Secara umum makan sushi dan makanan lain yang mengandung ikan mentah aman saat hamil. Tetapi, itu pun tergantung pada jenis ikan yang dipakai dan asalnya. Ikan mentah seperti salmon dalam sushi terkadang bisa mengandung cacing parasit yang dapat menyebabkan anisakis. Gejala utamanya adalah sakit perut, mual dan muntah, serta diare. Mengonsumsi ikan yang tercemar anisakis juga dapat memicu reaksi alergi. Agar lebih aman, sebaiknya ikan dibekukan dulu karena bisa membunuh cacing yang mungkin terkandung di dalamnya. 

Sushi yang mengandung salmon asap pada dasarnya aman dan tidak perlu dibekukan dulu. Proses pengasapan akan membunuh cacing dalam ikan. Metode lain, seperti diasinkan, juga membuat ikan aman dimakan. Hindari sushi yang mengandung udang mentah, kepiting mentah, atau kerang. Jenis makanan laut ini dalam kondisi mentah dapat mengandung bakteri dan virus penyebab keracunan makanan. 

0 komentar:

Posting Komentar