Hot!

Ulasan Harga Bouncer Bayi dan Kiat Aman Menggunakannya

Saat tidur, biasanya bayi lebih memilih untuk tidur di gendongan karena nyaman dan hangat dibandingkan jika harus ditidurkan di kasur. Namun, untuk menghindari rasa pegal karena harus menggendong terus menerus, Anda bisa menggunakan bouncer yang bisa dibeli di tempat jual bouncer atau di toko perlengkapan bouncer. Harga bouncer bayi sendiri cukup beragam, ada yang seratus ribuan namun ada juga yang 700 ribuan.

Bouncer sendiri adalah alat yang dibuat untuk mengayunkan bayi. Ada jenis yang digerakkan dengan cara manual namun ada juga yang menggerakkannya dengan menggunakan cara elektrik misalnya menggunakan remot atau menyambungkannya ke sumber daya listrik. Umumnya, bouncer digunakan untuk bayi usia 1 bulan pertama dan akan semakin lama semakin jarang digunakan karena pola tidur bayi yang sudah berbeda dan banyak bergerak sehingga tidak aman jika tidur di bouncer.

Dalam penggunaan bouncer, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama adalah selalu awasi anak. Walaupun Anda menggunakan jenis bouncer manual yang digerakkan secara manual, namun, Anda tidak akan tahu jika bayi Anda bergerak dan bisa membuat anak Anda terjatuh dan terluka. Untuk menghindari hal tersebut, maka Anda harus selalu mengawasi anak Anda saat diletakkan di bouncer. Kedua adalah hindari untuk memberikan guncangan terlalu keras karena bisa menyebabkan shaken baby syndrome.


Ketiga adalah jangan terlalu lama untuk meletakkan bayi Anda di bouncer walaupun Anda menggunakan yang memiliki harga bouncer bayi yang paling mahal sekalipun. Waktu maksimal bayi di bouncer adalah 20-30 menit. Hal tersebut disebabkan karena jika bayi terlalu lama berbaring di bouncer, bayi akan merasakan kelelahan secara fisik. Kelelahan fisik juga bisa disebabkan karena posisi bayi yang tidak nyaman seperti posisi setengah duduk. Peletakan bayi yang terlalu lama di bouncer juga bisa menyebabkan bayi Anda menjadi ketagihan dan tidak akan tidur jika tidak berada di baby bouncer. Keempat adalah letakkan di tempat yang datar sehingga bouncer tidak mudah terguling.

Untuk memilih perlengkapan bayi tersebut di tempat jual bouncer ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu jenisnya. Pada dasarnya ada 2 pilihan bouncer yaitu: 

1. Bouncer dengan frame yang memiliki kerangka yang fleksibel sehingga memungkinkan bouncer tersebut bisa bergerak atau bergoyang bolak-balik yang digerakkan secara manual atau lewat berat bayi. 

2. Bouncer yang dilengkapi dengan baterai sehingga cara pengoperasiannya dilakukan dengan menggunakan baterai agar bisa bergerak-gerak secara konstan tanpa harus menunggu jika bayi tersebut bergerak. 
Selain jenis bouncer dan harga bouncer bayi, maka Anda juga harus mempertimbangkan hal ini untuk pilih bouncer yang tepat, diantaranya adalah: 

A. Pilih bouncer yang memiliki kerangka yang stabil dan kokoh sehingga tidak rusak saat digunakan. Anda bisa mengetesnya langsung dengan menggoyangkan bouncer tersebut di lantai dan lihat apakah bouncer mudah bergeser atau tidak.

B. Pilih bouncer yang bagian alasnya dilapisi dengan karet dengan tujuan agar bouncer tersebut tidak mudah tergelincir atau bergeser.

C. Perhatikan, apakah ada celah/bagian yang tidak rata atau tidak di bouncer tersebut. Bagian yang tidak rata/ada celah bisa melukai bayi Anda.

D. Cek apakah bouncer tersebut memiliki tali pengaman minimal di pinggang dan di bagian selangkangan.

E. Apakah bouncer tersebut memiliki tempat duduk/tidur yang nyaman untuk bayi atau tidak.

F. Perhatikan fitur tambahan pada bouncer misalnya apakah bisa ditambahi mainan yang digantung atau tidak.

0 komentar:

Posting Komentar