Hot!

Ini Dia 5 Jenis Makanan yang Mengandung Antibiotik

Bagi mereka yang terbiasa tinggal di daerah tropis, cuaca dingin pasti terasa menyiksa. Saat cuaca dingin mulai tiba, banyak orang yang mulai jatuh sakit. Sistem kekebalan tubuh pun mulai berkurang. Meski telah mengonsumsi berbagai vitamin, namun kondisi tak kunjung membaik. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Richard Purvis, seorang praktisi kesehatan dan kebugaran dari Colorado, Amerika Serikat, mengungkapkan pandangannya. Dia mengatakan, kunci untuk tetap sehat selama cuaca dingin adalah mengonsumsi makanan tertentu secara teratur, terlepas apakah kita sedang sakit atau tidak.
Hasil gambar untuk rempah-rempah

"Saya akan merekomendasikan makan makanan ini secara teratur sebagai pelindung sistem kekebalan tubuh," kata dia. Makanan tersebut dapat berfungsi sebagai antibiotik alami yang bisa memperkebal sistem imun. Ia juga menyarankan agat kita mengonsumsi sumber nabati dan daging bebas antibiotik. Menurut dia, antibiotik alami dapat menjaga sistem kekebalan tubuh lebih baik. Berdasakan laporan The New York Time, kecanduan antibiotik dapat merusak kesehatan usus. "Beli produk hewani dengan label 'bebas antibiotik'," kata Dr Lance rice dari George Washington University. Laman Elite Daily melansirlima makanan untuk menjaga kesehatan tubuh seperti yang disarankan oleh Richard Purvis,

1. Madu manuka 

Selain memiliki rasa yang enak, madu manuka juga memiliki kandungan gizi yang tinggi. Riset membuktikan sifat antibiotik yang luar biasa dari madu manuka dapat menyembuhkan luka bedah lebih cepat daripada metode tradisional.

2. Bawang putih 

Bawang putih ternyata dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Menurut Purvis, bawang putih mengandung senyawa alicin yang dapat menghambat penyebaran berbagai bakteri, jamur dan virus.

3. Rempah-rempah 

Rempah-rempah yang biasa digunakan sebagai penyedap masakan ternyata berfungsi sebagai antibiotik. Riset telah menunjukan rempah-rempah, seperti cengkeh, oregano, thyme, kayu manis dan jinten, memiliki sifat antimikroba yang mampu melindungi kita dari penyakit. Tambahkan madu manuka dan cuka sari apel pada pada larutan jinten hitam. maka minuman tersebut ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Minyak oregano 

Bahan makanan ini memang biasanya digunakan pada pizza daripada obat-obatan. Tapi, minyak oregano juga ampuh meningkatkan kesehatan. Bahan makanan ini juga mampu membasmi kuman. Riset telah membuktikan minyak oregani aktif melawan 40 bakteri yang berbeda.

5. Cuka apel 

Purvis menyarankan untuk menambahkan cuka sari apel ke diet harian kita. Selain menjadi ampuh mengatasi nyeri haid, kata Purvis, minuman fermentasi ini juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun, Purvis mengingatkan kita agar tak berlebihan saat mengonsumsinya. "Konsumsi cuka sari apel harus dibatasi sekitar dua sendok makan sehari," katanya. Satu sendok cuka sari apel secara teratur sudah cukup untuk menjaga kesehatan tubuh.

0 komentar:

Posting Komentar